Bengkulu Salah Satu Daerah Endemis Penyakit Jembrana

Februari 14, 2018
Agrikultur Rejang Lebong 0   191 views 0

PROGRES.ID, REJANG LEBONG – Provinsi Bengkulu merupakan salah satu daerah endemis penyakit jembrana, menyusul daerah lain di Sumbagsel yang lebih dulu ditetapkan sebagai daerah penyebaran penyakit khusus ternak sapi Bali.

“Provinsi Bengkulu saat ini merupakan daerah endemis penyakit jembrana yang menyerang sapi Bali. Menyusul Sumatra Selatan, Lampung, dan Jambi,” kata Kepala UPTD Puskeswan Curup Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, Firi Asdianto, Rabu (14/2/2018).

Di Kabupaten Rejang Lebong, lanjut Firi, pada tahun 2017 ada belasan sapi Bali yang terjangkit jembrana. Dari laporan petugas, kata Firi, wabah ini menjangkiti sapi bali di daerah Tunas Harapan Kecamatan Curup Utara dan Desa Teladan kecamatan Curup Selatan.

Sapi bali di Curup

Peternak saat merawat sapinya | Foto: Hasan Basri/PROGRES.ID

Mengantisipasi penyebaran penyakit jembrana ini, pihaknya telah melakukan vaksinasi dengan sasaran 350 ekor sapi Bali. Selain itu pihaknya juga melakukan sosialisasi pencegahan dengan memperhatikan kebersihan kandang.

“Vaksinasi di tahun 2017 sesuai dengan dosis yang dibantu pihak provinsi yakni sebanyak 700 dosis. Sasaran 350 ekor sapi. Setiap sapi di berikan vaksin sebanyak 2 kali,” tandas Firi.

Sapi yang terserang penyakit jembrana dagingnya masih bisa dikonsumsi, hanya saja tidak boleh memakan kepala dan jeroan.(asb)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.