Berlangsung Sengit, Persib Bandung Kalahkan Mitra Kukar 3-2 dan Lolos Ke Semifinal Piala Presiden 2017

Februari 25, 2017
Featured Olahraga 0   9 views 0

PROGRES.ID, SOLO – Persib Bandung berhasil lolos ke semifinal Piala Presiden 2017 setelah berhasil meraih kemenangan tipis 3-2 atas Mitra Kukar di pertandingan perempat final yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (25/2/2017). Dua gol Atep dan satu gol dari Vladimir Vujovic mengantarkan Persib ke babak empat besar.

Baca Juga : Jangan Lupa, Sore Ini Perempat Final Piala Presiden 2017

Sebelum peluit kick-off dimulai, Persib Bandung memang lebih diunggulkan dibanding Mitra Kukar. Seperti diketahui, Persib keluar sebagai juara grup dengan berhasil menyapu bersih tiga laga fase grup dengan kemenangan. Ditambah lagi Persib hanya kebobolan satu gol dari tiga laga, sementara Mitra Kukar kebobolan empat gol.

Namun nyatanya, Mitra Kukar mampu memberikan perlawanan sengit. Laga perdana Babak Delapan Besar ini pun berlangsung seru. Lima gol tercipta dalam laga yang berkesudahan 3-2 untuk kemenangan Persib Bandung ini.

Jalannya Laga Babak Pertama

Dari siaran langsung Indosiar yang disaksikan Progres.id (25/2/2017), tidak butuh waktu lama  bagi Persib untuk menggoyahkan pertahanan Mitra Kukar. Hanya butuh waktu 10 menit, Maung Bandung mampu unggul lebih dulu melalui gol yang diciptakan Atep. Pemain bernomor punggung 7 itu melepaskan tembakan ke gawang yang kosong karena kiper Mitra Kukar, Gerri Mandagi, terlanjur meninggalkan posisinya.

Sebuah peluang kembali didapatkan oleh Persib untuk menggandakan keunggulan melalui Sergio van Djk pada menit ke-17. Lolos dari jebakan offside, Van Dijk berusaha mengecoh Gerri Mandagi dengan menempatkan bola melalui atas kepala kiper Mitra Kukar itu. Namun sayangnya bola masih bisa dibuang oleh pemain bertahan Mitra Kukar.

Dari warta Bola.com (25/2). Persib melakukan pergantian pemain saat pertandingan baru berjalan 25 menit. Sergio van Dijk ditarik keluar oleh pelatih Djadjang Nurdjaman yang kemudian memasukkan Shohei Matsunaga. Van Dijk bahkan harus ditandu keluar karena tampaknya cedera yang dialaminya cukup buruk.

Mitra Kukar berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-28. Oh In Kyun berhasil membobol gawang I Made Wirawan melalui eksekusi tendangan bebas. I Made Wirawan gagal menangkap bola dengan baik karena situasi kemelut yang terjadi di depan gawang Persib Bandung.

Skor 1-1, membuat pertandingan semakin seru.

Satu menit setelah water break babak pertama, Vladimir Vujovic berhasil menjebol gawang Mitra Kukar dengan tandukan keras. Persib kembali unggul 2-1.

Gerri Mandagi yang sudah salah arah pergerakan masih berusaha untuk menghalau bola dengan tangan kirinya. Namun, bola tak terbendung menggetarkan jala gawangnya.

Shohei Matsunaga mendapatkan peluang pada menit-menit akhir babak pertama. Namun, tembakan pemain asal Jepang itu masih bisa dihalau Gerri Mandagi. Skor 2-1 pun bertahan hingga 45 menit pertama berakhir.

Babak Kedua Berjalan Sengit, Mitra Kukar Melakukan Perlawanan

Mitra Kukar memulai babak kedua dengan semangat yang lebih tinggi. Para pemain ‘Naga Mekes’ berhasil mengurung pertahanan Persib Bandung dalam beberapa menit awal babak kedua. Sayangnya, tak satu pun gol berhasil diciptakan oleh Zulham Zamrun dkk.

Kedua tim sama-sama menggunakan skema memaksimalkan serangan balik. Namun, upaya kedua tim dalam 30 menit babak kedua itu tak kunjung membuahkan hasil.

Jebret !!!

Atep berhasil memperbesar keunggulan Persib pada menit ke-72. Memanfaatkan bola rebound yang membentur mistar gawang Mitra Kukar usai tendangan bebas, Atep menyambut bola dan melakukan ‘sundulan terbang’ ke arah gawang yang tak terkawal dengan baik. Sementara, penjaga gawang Mitra Kukar Gerri Mandagi masih dalam posisi terjatuh usai mencoba menghalau percobaan pertama.

Namun, hanya berselang dua menit, Mitra Kukar merespon dengan sebuah gol ke I Made Wirawan. Sebuah umpan silang cantik dilepaskan oleh Hendra Adi Bayauw dari sisi kiri dan berhasil dimaksimalkan oleh Andre Agustiar Prakoso menjadi gol yang menggetarkan jala gawang Persib.

Mitra Kukar berhasil memperkecil lagi ketertinggalannya. Skor 3-2 membuat pertandingan semakin menegangkan, karena sistem pertandingan perempat final merupakan partai tunggal. Yang kalah berarti harus angkat koper dari perhelatan Piala Presiden 2017.
Mitra Kukar nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-79. Andai saja tembakan Septian David Maulana dari luar kotak penalti yang gagal dihalau oleh I Made Wirawan tidak membentur tiang gawang Persib Bandung.

Menit terakhir pertandingan, Mitra Kukar yang butuh satu gol untuk memaksakan adu penalti, malah hampir kebobolan lagi. Persib Bandung mendapatkan peluang melalui Erick Weeks Lewis yang sudah berhadapan dengan Gerri Mandagi. Namun, tembakan Erick masih terlalu lemah dan tepat mengarah ke kiper Mitra Kukar.

Hingga laga usai, kedudukan 3-2 tidak berubah. Persib pun berhak lolos ke semifinal Piala Presiden 2017. Di laga semifinal, Persib akan menghadapi pemenang antara Pusamania Borneo FC dan Madura United.

Saat berita ini diturunkan, Pusamania Borneo FC masih berjibaku menaklukan Madura United di laga perempat final lainya. Namun, laga yang telah memasuki babak kedua itu masih berkedudukan 0-0. (dsy)

Susunan Pemain
Persib Bandung (4-3-3)
78-I Made Wirawan; 12-Henhen Herdiana, 3-Vladimir Vujovic, 16-Achmad Jufriyanto, 6-Tony Sucipto; 11-Dedi Kusnandar, 8-Gian Zola, 24-Hariono; 13-Febri Hariyadi, 9-Serginho van Dijk, 7-Atep
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Mitra Kukar (4-2-3-1)
47-Gerri Mandagi; 3-Wiganda Pradika, 5-Jorge Gotor, 16-Saepuloh Maulana, 4-Syaiful Ramadhan; 66-Dhika Pratama, 10-Oh In-kyun; 99-Yogi Rahadian, 7-Zulham Zamrun, 29-Septian David; 19-Aldino Herdianto
Pelatih: Jafri Sastra

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *