Bagian Selatan Bengkulu Akan Awali Gerhana Matahari

Maret 6, 2016
Featured Peristiwa 0   18 views 0

PROGRES.ID – Gerhana Matahari Total (GMT) pada Rabu, 9 Maret 2016 akan diawali dari Selatan Provinsi Bengkulu pada pukul 06:19:18 WIB. Kemudian, gerhana akan terus bergerak ke daerah dan provinsi lain dan akan berakhir di Waris, Papua yang terjadi pada pukul 08:53:44,1 WIT. Demikian seperti dilansir dari situs resmi GMT Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) http://gmt.bmkg.go.id.

Disebutkan juga, puncak Gerhana di masing-masing provinsi akan berbeda-beda. Misalnya di Provinsi Bengkulu, hanya akan ada dua kabupaten yang akan gelap, yakni Kabupaten Mukomuko dan Lebong. Kemudian, daerah yang akan mengalami waktu saat puncak gerhana paling awal adalah kota Bengkulu, yang terjadi pada pukul 07:19:49,7 WIB. Adapun kota yang akan mengalami waktu puncak paling akhir adalah Jayapura pada pukul 10:17:40,8 WIT.

Peristiwa GMT, masih berdasarkan data BMKG,  di suatu lokasi dapat diprediksi dengan baik, peristiwa tersebut tidak berulang di lokasi tersebut dengan siklus tertentu. GMT sebelumnya yang dapat diamati di Indonesia adalah GMT pada 11 Juni 1983 yang jalur totalitasnya melewati Jawa, Sulawesi, dan Papua juga GMT pada 18 Maret 1988 yang jalur totalitasnya melewati Sumatera dan Kalimantan. Adapun GMT yang akan kembali dapat diamati di Indonesia adalah GMT pada 20 April 2023 yang jalur totalitasnya melewati Papua dan GMT pada 20 April 2042 yang jalur totalitasnya melewati Sumatera dan Kalimantan.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *