Cabai Cayenne, Salah Satu Cabai Terpedas yang Miliki Berbagai Khasiat

Mei 18, 2017
Featured Kesehatan 0   25 views 0

PROGRES.ID, JAKARTA- Cabai Cayene atau Cayenne Pepper adalah salah satu cabai yang memiliki rasa pedas yang kuat di dunia. Di beberapa wilayah dunia cabai ini dikenalsebagai cabai Guinea, Cabai Tanduk Sapi, cabai pedas merah, Aleva, Bird Pepper, atau, secara khusus  dalam bentuk bubuknya.

Tidak hanya berfungsi sebagai bumbu penyedap pada makanan, cayenne yang mirip dengan cabai rawit ini juga ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Seperti yang dirilis Liputan6, cayenne memiliki khasiat;

Menurunkan berat badan
Cayenne dipercaya sebagai ramuan alami yang dapat menurunkan berat badan. Karena dengan menambahkan beberapa buah cabai cayenne ke dalam masakan dapat membantu mengurangi nafsu makan serta meningkatkan pembakaran kalori selama pencernaan berlangsung.

Meredakan flu
Musim hujan seringkali menjadi pemicu tubuh terserang penyakit seperti flu dan hidung tersumbat. Untuk meredakan gejala ini, Anda hanya butuh beberapa buah cabai cayenne kering yang ditaburkan pada secangkir teh hangat. Cara ini dipercaya dapat membantu melegakan saluran hidung Anda.

Mengurangi rasa sakit
Apabila anggota tubuh Anda terasa sakit sehingga sangat sulit untuk ditahan, maka tidak ada salahnya mencoba ramuan alami dengan menggunakan cabai cayenne. Kandungan capsaicin yang ada didalamnya, dapat mengurangi intensitas rasa sakit. Maka tidak jarang banyak krim dan balm  dengan kandungan ekstrak cabai cayenne.

Meredakan bisul
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kandungan capsaicin yang terdapat dalam cabai cayenne dapat membantu membunuh bakteri dan memberikan perlindungan terhadap bisul.

Buah tersebut umumnya dikeringkan atau dipanggang dalam kue, yang kemudian dibuat menjadi rempah-rempah bubuk dengan nama yang sama.

Cayenne digunakan dalam memasak hidangan pedas, sebagai sebuah bubuk atau dalam bentuk utuh (seperti dalam masakan Korea, masakan Sichuan, dan masakan Asia lainnya), atau dalam sebuah thin, saus berbahan dasar cuka.

Hal ini juga diperkuat oleh Bugarfit.com dalam tulisanya tentang sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Purdue University, di Amerika Serikat. Pendanaan diberikan oleh National Institutes of Health melalui National Research Service Award, dan Science Institute McCormick. Studi ini dipublikasikan dalam peer-review jurnal Physiology & Behavior. Menemukan hasil penurunan berat badan yang lebih baik ketika relawan mulai mengambil setengah sendok teh cabai cayenne. (dsy)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *