Dinilai Mampu Tangani Pencurian Ikan, Menteri Susi Dapat Penghargaan WWF-Internasional

September 21, 2016
Featured Internasional 1   220 views 0

PROGRES.ID, WASHINGTON – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendapat Leaders for a Living Planet Awards dari WWF-Internasional. Susi merupakan salah satu orang terpilih, karena sejak tahun 2000 hingga saat ini, setidaknya hanya ada 100 orang pemimpin di dunia dari berbagai organisasi yang mendapat penghargaan ini.

Situs berita lingkungan, Mongabay.co.id menyebut beberapa orang yang pernah mendapat penghargaan serupa diantaranya, mantan Sekjen PBB Kofi Annan, Menteri Perikanan Norwegia, the Vice-Premier of China dan Menteri Perairan Prancis. Sementara itu, tokoh Indonesia lainnya yang pernah memperoleh penghargaan ini adalah Dr. Emil Salim.

Susi mewakili pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan dinilai berkomitmen dan konsisten memerangi pencurian ikan (Illegal, Unregulated and Unreported Fishing / IUU Fishing).  Tak disangka, kebijakan yang direalisasikan Susi berbuah apresiasi dunia.

Masih menurut tulisan situs berita lingkungan Mongabay, penghargaan itu diserahkan langsung oleh Presiden WWF Internasional, Yolanda Kakabadse kepada Susi di WWF Building, Washington DC, Amerika pada Jumat siang (16/9/2016) waktu setempat. Acara itu bersamaan dengan acara Our Ocean Conference yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat.

“Ibu Susi Pudjiastuti telah mendedikasikan waktunya selama ini  untuk memberantas praktik perikanan yang tidak sah, mendorong pengelolaan perikanan berkelanjutan berbasis ilmiah, dan memperkuat kesehatan laut dengan memperluas jejaring kawasan konservasi perairan. Beliau adalah tokoh yang berjuang untuk melindungi kesehatan laut Indonesia,” ungkap Yolanda dalam siaran pers KKP dan dikutip Mongabay.

Terpisah, Ketua Badan Pengurus Yayasan WWF Indonesia Kemal Stamboel mengaku bangga atas ketegasan Susi dalam memerangi praktik pencurian ikan di Indonesia dan ia mengatakan akan mendukung penuh atas upaya-upaya yang dilakukan Menteri Susi.

“Kami berbangga bahwa langkah tegas Ibu Susi Pudjiastuti  memerangi praktek perikanan yang tidak sah, tidak dilaporkan dan tidak diatur mendapat pengakuan global sebagai bagian dari upaya konservasi dalam menjaga dan menjamin keberlanjutan kekayaan laut Indonesia. Dukungan penuh akan selalu kami berikan agar Ibu Susi Pudjiastuti beserta seluruh jajarannya semakin memantapkan usaha ini termasuk untuk menambah luasan kawasan konservasi perairan dan pengelolaannya yang efektif,” ungkap Kemal di Jakarta.

Facebook Comments

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.