Dipilih Jadi Tuan Rumah Tanwir Muhammadiyah Ke-II, Ini Penjelasan Haedar Nashir

Februari 15, 2019
Featured Nasional 0   156 views 1

BENGKULU, PROGRES.ID – Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengungkapkan beberapaalasan mengapa akhirnya Bengkulu dipilih sebagai lokasi tanwir Muhammadiyah kedua, setelah yang pertama digelar di Kota Ambon, Provinsi Maluku.

“Tanwir Muhammadiyah ini kita selenggarakan di Kota Bengkulu setelah 2 tahun yang lalu kita menyelenggarakan tanwir yang pertama di Kota Ambon, Maluku yang juga dihadiri Bapak Presiden dan ditutup oleh Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia. Kami menyelenggarakan tanwir di Kota Bengkulu ini atas pertimbangan kota ini dan Provinsi Bengkulu punya sejarah lahirnya tokoh-tokoh Muhammadiyah dan tokoh bangsa,” ungkap Haedar saat menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan Tanwir Muhammadiyah II di Kota Bengkulu, Jumat (15/02/2018).

Haedar Nashir

Haedar Nashir menyampaikan sambutan pada pembukaan Tanwir Muhammadiyah II Bengkulu (Foto: Ist/PROGRES.ID)

Ia menuturkan, tokoh-tokoh Muhammadiyah yang memiliki sejarah di Bengkulu ini seperti Hasan Dien, Fatmawati dan Soekarno.

“Hasan Dien adalah Konsul Muhammadiyah tahun (19)39 sampai 1952. Dia juga pengusaha ternama dan ayah ibu negara, Ibu Fatmawati. Dan di Bengkulu ini pula selain Hasan Din dan Fatmawati, seorang Soekarno beberapa tahun di sini pernah menjadi Ketua Majelis Pendidikan dan Pengajaran Muhammadiyah,” tutur Haedar.

Tak hanya tiga tokoh tersebut, Haedar menyebut ada toko Tionghoa Muslim yang juga pendiri Persatuan Islam Tionghoa Indonesia bernama Kariem Oey juga tinggal di Bengkulu.

“Juga ada tokoh Tionghoa Muslim Karim Oey yang juga seorang pengusaha besar dan perintis, bahkan pendiri Persatuan Islam Tionghoa Indonesia, juga tokoh Muhammadiyah, karena itu kami ingin mengenang jejak dan menyambung mata rantai para tokoh yang tidak hanya hadir untuk Muhammadiyah, tetapi untuk bangsa dan negara,” jelasnya.(pid)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.