PROGRES.ID, BANGKA BELITUNG – PT Pos Indonesia menerbitkan perangko seri Gerhana Matahari Total (GMT). Perangko ini dijual dalam jumlah terbatas di seluruh kantor pos di Indonesia.

Kantor Pos Indonesia Cabang Sungai Liat, Kota Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung mengaku telah menjual 4.800 lembar perangko edisi khusus ini. Perangko ini dijual dengan harga Rp 9.000 untuk 1 set dengan isi 3 lembar perangko. Kemudian, ada yang 1 set berisi 24 lembar dijual dengan harga Rp 72.000.

Perangko edisi khusus ini memang selain karena momentumnya tepat dengan GMT, juga karena desainnya yang menampilkan empat dimensi.

Perangko ini berdesain tokoh wayang Batara Kala yang menelan Matahari. Perangko tersebut jika digerakkan dapat memperlihatkan gambar yang seakan bergerak.

Kepala Kantor Sungai Liat, Abdul Hamid menjelaskan bahwa edisi khusus perangko GMT ini bukan kali pertama diterbitkan PT Pos Indonesia. Pada 11 Juni 1983 saat GMT pernah melalui Pulau Jawa, PT Pos Indonesia juga mencetak perangko GMT.

“Meski waktu itu promosi gerhana matahari tak seperti sekarang, tapi PT Pos pernah menerbitkan perangko GMT pada 1983, tapi waktu itu desainnya masih sangat sederhana,” terang Abdul Hamid.(bbl)

Facebook Comments
BAGIKAN

LEAVE A REPLY