Ini 4 Instruksi Menkumham Pascatragedi Pembakaran Lapas Malabero

Maret 28, 2016
Featured Hukum 0   38 views 0

PROGRES.id, JAKARTA – Pascapembakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Malabero Bengkulu pada Jumat malam (25/3/2016), Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum dan HAM) Yasonna Laoly menerbitkan instruksi kepada seluruh kantor wilayah di setiap provinsi. Demikian dikutip Progres.id dari situs SurabayaNews.co.id.

Instruksi pertama, sekecil apa pun gangguan keamanan, harus langsung ditindaklanjuti oleh seluruh jajaran dan melakukan koordinasi internal dan mengantisipasi agar gangguan itu tak terjadi.

Kedua, jajaran harus berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah (Polda), Badan Narkotika Nasional (BNN), Panglima Daerah Militer (PangDam) dan Pemerintah Daerah (Pemda), dalam penanganan penhyalahgunaan narkoba di lingkungan Kemenkumham.

Instruksi ketiga, Menkumham juga meminta jajarannya untuk tetap melakukan penggeledahan, pemeriksaan terhadap penyalahgunaan narkotika di lapas, dengan mengedepankan prinsip praduga tidak bersalah.

Keempat, Menkumham meminta instruksinya harus dijalankan dengan sebaik-baiknya dan mempertanggungjawabkan hasil pelaksanannya kepada menteri dan Sekretariat Jendral (Sekjen) selaku pengawas.

Untuk diketahui, pembakaran Lapas Malabero Bengkulu diduga karena adanya pemeriksaan Narkoba oleh BNNP Bengkulu yang tak diinginkan beberapa penghuni Lapas.

Baca: Diawali Razia Narkoba, Picu Pembakaran Lapas, 5 Tewas

Beberapa penghuni memicu kebakaran hingga meludeskan bangunan Lapas pada Jumat malam lalu.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.