Komisi III DPR RI Berencana Kunjungi Lokasi Demo PT CBS Benteng

Juni 13, 2016
Featured Hukum Nasional 0   112 views 0

PROGRES.ID, JAKARTA – Demonstrasi menolak penambangan PT Citra Bina Soraya (CBS) di Bengkulu Tengah (Benteng) yang berujung kericuhan antara warga dan aparat mendapat sorotan DPR RI.

Bahkan, Komisi III DPR menjadwalkan akan mengunjungi lokasi demonstrasi yang terdapat inseiden penembakan warga tersebut. Kunjungan tersebut direncanakan akan direalisasikan pada akhir masa reses anggota DPR RI mendatang.

Baca: Demo Antitambang di PT CBS Berakhir Bentrok, 5 Warga Tertembak

Dikutip dari Republika.co.id, anggota Komisi III DPR RI, Arsul Sani menegaskan, Komisi III pasti akan memertanyakan ke Kapolri karena telah terjadi insiden penembakan.

Kasus penembakan tersebut juga menjadi catatan dan akan diangkat secara khusus dalam evaluasi kinerja Polri yang merupakan mitra Komisi III DPR RI.

“Akhir masa reses nanti, Komisi III telah merencanakan kunker (kunjungan kerja) ke Bengkulu dan kasus ini akan diangkat secara khusus, termasuk menjadi persoalan yang akan dikemukakan dalam raker Komisi III dengan Kapolri,” ungkap Arsul Minggu (12/6/2016).

Asrul menyayangkan, polisi harus membubarkan massa yang berdemo dengan peluru tajam. Terlebih lagi, jumlah warga yang tertembak lebih dari satu orang.

Menurut Asrul, untuk menyelidiki penembakan itu, Polri perlu menurunkan Propam dan Itwasum, agar persoalan itu diusut tuntas.

“Kapolri perlu menurunkan aparat Propam dan Itwasum untuk mengusut penembakan warga ini,” imbuhnya.

Untuk diketahui, lima orang warga terluka akibat peluru tajam. Belum diketahui asal peluru tersebut. Demonstrasi itu menuntut PT CBS, yang merupakan pertambangan batu bara untuk berhenti beroperasi.(pid/**)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.