Megawati: BMKG itu Penting Bagi Nelayan dan Petani

Agustus 24, 2016
Featured Nasional 0   70 views 0

PROGRES.ID, JAKARTA – Peran penting Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bagi nelayan serta petani sangat dibutuhkan, karena menyangkut informasi cuaca serta waktu tanam yang baik dan antisipasinya. Seperti yang disampaikan oleh mantan Presiden Indonesia Megawati kepada BMKG dan Badan SAR Nasional (Basarnas) dalam sambutan acara Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama DPP PDI Perjuangan. Dikatakannya, sebagian besar nelayan dan petani Indonesia tidak begitu memahami peran dan apa itu BMKG.

“Jadi BMKG sudah seharusnya bisa berikan informasi ke tingkat nelayan dan petani. Sehingga mereka bisa jadi tahu kapan waktunya yang baik. Waktu itu saya pernah ditanya oleh petani, ibu sebetulnya kapan waktu tanam yang baik, saya balik tanya BMKG sudah sampai ke sini belum? Mereka jawab BMKG itu apa, Bu? Waduh ini saya bingung jawab apa, karena saya sebagai ketua umum partai pertanyaan itu saya tampung dulu. Keluhan seperti ini yang harusnya bisa diantisipasi,” ujar Megawati dalam sambutan di kantor Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (24/8/2016). Seperti yang dilansir Detik.com

Menurut Megawati melalui Tribunnews.com kedua lembaga itu harus bisa mensosialisasikan bagaimana gejala-gejala alam yang berkaitan dengan kehidupan langsung masyarakat. Megawati berpesan Kepada Basarnas yang dipimpin Marsekal Madya TNI FHB agar sosialisai mengenai bagaimana mendeteksi dan meningkatkan insting suatu bencana bisa benar-benar sampai di masyarakat paling bawah, khususnya di daerah rawan bencana.

“Dua lembaga ini (BMKG dan Basarnas) pegang peranan yang sangat besar. Jadi BMKG, harus sudah sampai tingkat nelayan dan petani, yang sekarang banyak mengeluh,” katanya.(sar)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.