Nguyen Thi Phuong Thao Jadi Wanita Terkaya Se-Asia Tenggara, Berkat Maskapai Dengan Pramugari Berbikini

966
Ide pramugari memakai bikini menuai sukses besar | Foto : todayonline

PROGRES.ID, VIETNAM – Pemilik maskapai dengan pramugari berbikini, VietJet, Nguyen Thi Phuong Thao kini didapuk menjadi wanita terkaya se-Asia Tenggara. Wanita berusia 46 tahun ini mengantongi kekayaan mencapai US$ 1,7 miliar atau setara Rp 22,6 triliun (kurs US$ 1: Rp 13.334) dari bisnis penerbangan tersebut.

Diwartakan liputan6.com, pada Desember 2011, Nguyen Thi Phuong Thao meluncurkan maskapai berbiaya rendah pertama di Vietnam bernama VietJet. Lima tahun kemudian, VietJet mampu menjadi salah satu maskapai terpopuler dan menguasai 40 persen penerbangan di Vietnam.

Seperti dilaporkan oleh Forbes, (6/4/2017), kesuksesan bisnisnya bermula setelah Nguyen memiliki ide untuk menarik penumpang pesawat dengan cara mendandani pramugari dengan bikini.

Idenya tersebut terbukti berhasil dengan sukses. Saat perusahaan penerbangan tersebut melantai di bursa pada Februari lalu, harga saham VietJet Air melonjak tajam. Harga saham mencapai 108.000 dong per lembar sehingga membukukan total valuasi mencapai US$ 1,4 miliar.

Awalnya, banyak orang ragu VietJet bakal menuai sukses | Foto : Airportspotting

Awal mula usaha

Sebelum terjun ke industri penerbangan, Nguyen Thi Phuong Thao ternyata bekerja sebagai seorang sales mesin faks. Ia kemudian melebarkan sayap kariernya dengan masuk ke bisnis properti, resor, bank, kapal laut, hingga ekspor komoditas melalui induk usaha Sovico Holdings.

Saat sedang menggeluti bisnis ekspor komoditas inilah, Nguyen Thi Phuong Thao mendapat ide untuk membuat maskapai penerbangan swasta sendiri. Ia terinspirasi dengan banyaknya maskapai biaya rendah yang sedang menjamur seperti AirAsia, Southwest dan Ryan Air.

Wanita ini mendapat ijin untuk membuka maskapainya sendiri pada 2007. Namun karena tingginya harga minyak pada saat itu, ia harus menunda rencananya hingga akhir 2011.

Ketika meluncur, banyak orang ragu VietJet bakal menuai sukses. Sebab, kala itu pasar penerbangan sudah dikuasai maskapai milik pemerintah yakni Vietnam Airlines. Tapi siapa sangka, ide Nguyen Thi Phuong Thao untuk menarik perhatian masyarakat dengan membuat pramugari memakai bikini justru sukses besar.

“Saya selalu bermimpi besar. Dulu ketika masih berbisnis ekspor, orang-orang hanya menjual satu kontainer, saya sudah menjual seratus kontainer,” ungkapnya.

Pada tahun 2017 ini, VietJet berencana melakukan ekspansi dengan membuka 26 rute penerbangan baru. Salah satu rute yang dibuka adalah rute Ho Chi Minh (Vietnam) ke Jakarta.

Konjen RI untuk Ho Chi Minh Jean Anes menjelaskan, penerbangan perdana untuk rute itu akan dimulai pada pertengahan tahun ini.

Jean Anes menyatakan langkah ini dilakukan karena banyak warga Ho Chi Minh yang ingin berkunjung ke Indonesia. Namun hingga saat ini belum tersedia maskapai yang memiliki penerbangan langsung. Lebih lanjut Jean menjelaskan, VietJet nantinya tak hanya membuka rute Ho Chi Minh-Jakarta, tetapi juga Ho Chi Minh-Bali. (dsy)

Facebook Comments
BAGIKAN

LEAVE A REPLY