Rizieq Shihab Dipastikan Tidak Hadiri Panggilan Kedua Polda Jawa Barat, Besok Akan Dijemput Paksa

Februari 10, 2017
Featured Hukum 0   46 views 0

PROGRES.ID, JAKARTA – Rizieq Shihab dipastikan tidak hadir untuk kedua kalinya untuk menjalani pemeriksaan di Mapolda Jawa Barat, pada hari ini, Jumat (10/2/2017), sebelumnya Rizieq juga tidak memenuhi panggilan polisi, Selasa (7/2).

Dilansir Kompas (10/2), Kuasa hukum pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, Kapitra Ampera, menyatakan bahwa kliennya tidak akan hadir memenuhi panggilan kedua untuk keperluan pemeriksaan di Markas Polda Jawa Barat dalam kasus dugaan penistaan lambang negara, Pancasila, dan pencemaran nama baik. Menurutnya. hal ini demi menjaga Pilkada DKI Jakarta 15 Februari 2017 mendatang agar kondusif.

“Karena menjaga kondusivitas yang sudah membaik menyambut Pilkada DKI. Kalau datang nanti ramai, tidak kondusif se-Indonesia,” ujarnya.

Kapitra berharap, Polda Jawa Barat bisa mempertimbangkan keputusan pihak Rizieq dan menunda proses pemeriksaannya sebagai tersangka setelah Pilkada DKI Jakarta selesai.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Yusri Yunus mengatakan bahwa pemimpin FPI. Rizieq Shihab, telah melakukan tindakan yang kurang kooperatif. Selain menolak surat pemanggilan kedua tersebut, pihak Rizieq Shihab juga mengusir pengantar surat.

“Ada informasi bahwa Rizieq Shihab beserta kuasa hukum tidak menerima surat pemanggilan kedua ini. Surat pemanggilan kedua ditolak oleh yang ada di rumah (Rizieq Shihab),” kata Yusri di Mapolda Jawa Barat, Jumat (10/2).

Yusri menambahkan, kurir pengantar surat pemanggilan kedua diusir oleh pihak Rizieq Shihab.

“Bahkan pengantar surat disuruh pergi,” ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, Rizieq diduga melakukan tindakan melawan hukum karena melanggar Pasal 216 KUH Pidana.

Yusri juga memastikan tidak ada kesalahan alamat surat. Alamat surat pemanggilan kedua sudah sesuai dengan surat pemanggilan sebelumnya, di mana Rizieq pernah datang untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Mapolda Jawa Barat.

“Kami layangkan sama dengan panggilan pada saat beliau jadi saksi dengan alamat sama,” ucapnya.

Masih Ditunggu Hingga Tengah Malam atau Besok Akan Dijemput Paksa

Penyidik Polda Jawa Barat masih menunggu kedatangan Rizieq Shihab hingga pukul 00.00 WIB untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka.

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu akan dijemput paksa bila tetap tidak hadir pada panggilan kedua di Mapolda Jawa Barat, hari ini Jumat (10/2).

“Langkah selanjutnya apabila tidak hadir, akan kita layangkan surat perintah membawa,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Yusri Yunus

Yusri menambahkan, surat perintah jemput paksa Rizieq akan dikeluarkan pada Sabtu (11/2/2017) pukul 00.01 WIB. (dsy)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *