Teliti Manfaat Daun Nona dan Daun Pinang Siswa Bengkulu Selatan Raih Juara 1 LKTI se-Sumbagsel

November 12, 2016

PROGRES.ID,MANNA– Arinto Surya Dintiarso siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 7 Bengkulu Selatan berhasil meraih juara pertama dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Sumbagsel di Lampung beberapa waktu yang lalu.  Arinto lakukan penelitian terhadap Pemanfaatan Daun Nona dan Daun Pinang Sebagai Racun Untuk Pembasmi Walang Sangit.

Dengan bahan utama Daun Pinang dan Daun Nona (tumbuhan sejenis Sirsak) setelah diambil ekstrak nya dan diberi sedikit campuran air ternyata mampu membasmi walangsangit hingga 50 %.

“Setelah melakukan penelitian selama beberapa bulan akhirnya saya menemukan manfaat dari tumbuhan alami Daun Nona dan Daun Pinang yang dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk pembasmi hama jenis walang sangit.”terang Arinto didampingi Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Bengkulu Selatan Lasman saat diwawancarai jurnalis Progres.id (9/11/2016).

Tak hanya temukan manfaat Daun Nona dan Daun Pinang, para siswa SMA Negeri 7 Bengkulu Selatan yakni Cia,Anita Putri dan Nova Novita siswa kelas XII IPA 1 dan 2, juga menghasilkan penemuan manfaat dari buah pare yang ternyata mampu menjadi penghantar listrik.

“Awalnya kami mencoba untuk meneliti buah Belimbing, Asam Kandis dan Rantauwali, namun dari ketiga tanaman tersebut yang paling kuat menghantarkan listrik justru Belimbing dan Asam Kandis. Namun kami belum merasa puas dengan uji laboraturium terhadap ketiga tanaman tersebut, sehingga kami melakukan penelitian untuk Buah Pare yang biasa digunakan masyarakat sebagai sayur mayur.”Ujar Anita

Dari hasil penelitian uji laboratorium terhadap ekstrak buah pare,ternyata ektrak buah pare mampu menjadi penghantar listrik yang baik dan menghasilkan daya listrik yang lebih besar. Sehingga mampu menghidupkan lampu,tidak seperti penelitian terhadap 3 jenis buah sebelumnya.Dan hasilnya penemuan ini mampu meraih peringkat 15 se- Indonesia dalam lomba Penelitian Siswa Tingkat Nasional.(Sar)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.