Wow! Terowongan Tol Benteng-Kepahiang Dirancang Mirip di Alpen Eropa

Maret 17, 2019
Featured Nasional 0   748 views 11
Teken PPJT Bengkulu-lubuklinggau

Penandatanganan PPJT Bengkulu-Lubuklinggau di Balai Raya Semarak, Bengkulu (Foto:Media Center Bengkulu/PROGRES.ID)

PROGRES.ID, BENGKULU – Indonesia segera memiliki terowongan seperti di Pegunungan Alpen di Eropa. Terowongan itu sesuai rencana akan dibangun di kawasan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) dan akan tembus ke Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. Terowongan ini dirancang sepanjang 7 km menembus Bukit Barisan.

Terowongan ini adalah bagian dari mega proyek Jalan Tol Bengkulu-Lubuklinggau sepanjang 95 km. Target konstruksi proyek ini hingga tahun 2022.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit dan Direktur Utama PT Hutama Karya, Bintang Perbowo sudah menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) di Bengkulu, Jumat petang (15/03/2019).

“Tol ini akan kita buat terowongan yang menembus Bukit Barisan, dan juga ada dua bentang jembatan panjang seperti di pegungan Alpen,” kata Kepala Pengembangan Jalan Tol PT Hutama Karya (HK) Agung Fajarwanto¬† di Balai Raya Semarak Bengkulu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang hadir dalam penandatanganan PPJT Bengkulu-Lubuklinggau saat sambutannya mengatakan, Hutama Karya juga membangun Tol 88 km Indralaya-Muara Enim, Muara Enim- Lubuk Linggau sepanjang 125 km.

“Bengkulu-Curup-Lubuklinggau ini 95 kilometer. Proses pembebasan lahannya tanggungjawab pemerintah,” ungkap Menteri Basuki.

Sementara, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam sambutannya mengapresiasi percepatan pembangunan yang dilakukan Kementerian PUPR. Bengkulu, terang Rohidin, sangat memerlukan infrastruktur untuk membuka konektivitas.

“Infrastruktur strategis ini akan terhubung dengan Pelabuhan Pulau Baai yang proyeksinya akan dijadikan Integrated Port dengan Kawasan Ekonomi Khusus,” tutur Rohidin. (rls/pid)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.