Tim Pembina Mulai Susun Program Kabupaten Sehat

by 48 tahun ago
Kesehatan Rejang Lebong 0   6 views 0

PROGRES.ID, REJANG LEBONG – Tim pembina forum kabupaten sehat mulai melakukan rapat koordinasi dengan forum kabupaten sehat Rejang Lebong.

Rapat yang dipimpin Kepala Bappeda, Zulkarnain, Sabtu (24/2/2018) ini juga dihadiri ketua forum kabupaten sehat, Firdaus dan anggota kepala dinas kesehatan, Asli beserta OPD terkait sesuai dengan beberapa tatanan yang mendukung kreteria kabupaten sehat.

“Rapat koordinasi tim pembina kabupaten sehat ini sengaja kita gelar untuk melihat kesiapan program dan kegiatan yang mendukung kabupaten Rejang Lebong menjadi Kabupaten sehat,” kata ketua tim pembina Zulkarnain.

Kabupaten sehat lanjut, Zulkarnain adalah, suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegritas yang sepekati masyarakat dannpemerintah daerah.

Ada Sembilan tatanan yang menjadi sarat menjadi kabupaten sehat yakni, kawasan pemukiman sarana dan prasarana sehat, sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi sehat, tatanan industri dan perkantoran sehat, pertambangan sehat, hutan sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakay sehat yang mandiri, pariwisata sehat, dan kehidupan sosial yang sehat.

Suasana rapat kabupaten sehat | foto: Hasan Basri/PROGRES.ID

Ketua Forum kabupaten sehat Rejang Lebong, Firdaus, mengatakan pihaknya sudah membuat program kegiatan, diantaranya, segera membentuk forum di tingkat kecamatan dan desa, dan mendata sesuai dengan tatanan kabupaten sehat.

“Saya berharap semua OPD yang terkait dapat ikut membantu kinerja forum kabupaten sehat. Jika kerjasamanya berjalan kita optimis tahun 2019 mendatang kabupaten Rejang Lebong kembali meraih predikat kabupaten sehat tingkat nasional,” ujar Firdaus optimis.

Untuk diketahui kabupaten Rejang Lebong lima kali mendapat prrdikat kabupaten sehat satu katagori Swasti Saba Padapa dan empat kali predikat Swasti Saba Wiwerda dengan tujuh tatanan penilaian. (asb)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *