Mau Tahu Password WiFi Bandara di Seluruh Dunia ?

541
Mengusir Bosan di Longue Bandara | Foto : Mediashift

PROGRES.ID, JAKARTA– Bagi yang sering berpergian jauh, pasti pernah mengalami pesawat delay di Bandara atau mungkin terlalu cepat datang. Online atau sekedar membuka jejaring sosial kadang menjadi solusi untuk mengisi waktu.

Siapa sich yang tidak mau koneksi internet gratis di Bandara. Selain hemat biaya (baca: kuota –red), juga dapat digunakan untuk mengusir bosan saat berlama-lama di longue bandara. Tapi seringkali, kita tidak tahu password WiFi bandara yang sedang dikunjungi.

Dilansir oleh Liputan6.com, baru-baru ini seorang traveller bernama Anil Polat membuat peta khusus berbasis Google Maps yang berisikan password WiFi bandara di seluruh dunia. Para traveler dapat mencari di Google Map dengan kata kunci ‘Wireless Passwords From Airports’ atau lebih lengkapnya ‘Wireless Passwords From Airports And Lounges Around The World

Bagi para traveller yang lebih menyukai aplikasi di Smartphone, Polat juga menggarap aplikasi khusus bernama WiFox. Aplikasi ini dapat digunakan secara offline untuk melihat langsung WiFi bandara yang ingin dicari dalam sebuah peta.

Pada web pribadi nya, foxnomad.com, Polat, yang seorang traveller dan blogger ini menuturkan ide pembuatan aplikasi ini berawal ketika ia merasa frustasi saat tiba di sebuah bandara tanpa free wifi atau wifi yang dipassword.

“Tiba di Bandara tanpa fasilitas wifi gratis, atau gratis tapi dipasswod, lalu mencoba jaringan seluler lokal yang terkadang mengecewakan, seolah membawa kita kembali tahun 1999” ujar Polat di websitenya.

Ia lalu menanyakan tentang wifi bandara di laman Facebooknya. Beberapa teman merespon dengan memberikan password wifi bandara tersebut. Seiring waktu terkumpulah password wifi dari berbagai bandara yang tersebar di berbagai belahan dunia, baik itu yang ia kunjungi ataupun yang dikunjungi teman sesama traveler. Sehingga tercetuslah ide untuk mengumpulkannya dalam Maps atau peta. Peta itu kemudian dikembangkan dalam bentuk aplikasi Android dan IOS untuk mempermudah penggunaannya.

“Peta Wifi” Polat Update 06 Januari 2017 | Foto : Dok. Pribadi

Polat juga memperkenankan semua traveller untuk mengirimkan informasi atau update baru soal WiFi bandara yang mereka kunjungi. Untuk itu, Traveller dapat menulis komentar di foxnomad.com atau lewat laman facebook foxnomad.

Dari pantauan Progres, di Indonesia baru ada dua bandara yang terdata, yakni Bandara Internasional Soekarno Hatta – Banten dan Bandara Internasional Ngurah Rai – Bali. Ini berdasarkan update terakhir peta Wifox tanggal 06 Januari 2017.

Tertarik mencoba aplikasi ini? atau mungkin mau coba ikut berpartisipasi ? (dsy)

Facebook Comments
BAGIKAN

LEAVE A REPLY