Pemilu 2019 di RL, Dapil Tetap 4, Kursi Tetap 30, Apa yang Berubah?

103
Penataan Dapil
Rakor dan uji publik penataan dapil dan alokasi kuri pada Pileg 2019 | Foto: Hasan Basri/PROGRES.ID

PROGRES.ID, REJANG LEBONG – KPU Kabupaten Rejang Lebong (RL) mengusulkan penataan komposisi Daerah pemilihan (Dapil) untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) tahun 2019. Namun, pada draf usulan itu KPU RL tidak mengajukan penambahan atau pengurangan dapil, melainkan hanya susunan atau komposisinya saja.

“Yang mengalami perubahan hanya dapil IV menjadi dapil III meliputi kecamatan Selupu Rejang, Sindang Kelingi, dan Sindang Dataran, untuk 6 kursi. Sebaliknya dapil III menjadi dapil IV yakni kecamatan Binduriang, Padang Ulak Tanding, Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir, dan Kota Padang, untuk 7 kursi. Dapil I kecamatan Curup Timur, Curup Tengah dan Curup Selatan, untuk 9 kursi. Sedangkan dapil II meliputi Kecamatan Curup, Curup Utara, Bermani Ulu, dan Kecamatan Bermani Ulu Raya, dengan 8 kursi,” papar Komisioner KPU Rejang Lebong, Fahamsyah pada Rakor Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Pileg 2019, Rabu (7/2/2018).

Pada rakor tersebut, juga disampaikan jumlah penduduk berdasarkan keputusan KPU RI nomor 4/PL.013-Kpt/03/KPU/1/2018 tentang jumlah penduduk kabupaten/kota dan jumlah kursi dewan perwakilan daerah/kota dalam pemilihan umum 2019.

Jumlah penduduk Kabupaten Rejang Lebong disebutkan sebanyak 275.640 jiwa. Dengan demikian, lanjut Fahamsyah, jumlah kursi DPRD RL tidak mengalami perubahan yakni tetap sebanyak 30 kursi.(asb)

Facebook Comments
BAGIKAN

LEAVE A REPLY