Dinilai Berkomitmen Jaga Lingkungan, Walikota Helmi Hasan Terima Penghargaan Adipura dari Menteri LHK

by 48 tahun ago

PROGRES.ID, BENGKULU – Walikota Bengkulu Helmi Hasan menerima penghargaan bergengsi bidang lingkungan hidup, yakni Piala Adipura. Walikota Helmi menerima penghargaan berupa sertifikat itu pada Rabu (2/8/2017) malam yang diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya di auditorium Manggala Wanabakti Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Pusat, dalam malam puncak Anugerah Lingkungan 2017.

Penghargaan Adipura yang diterima ini menunjukkan Pemerintah Kota Bengkulu memiliki kompetensi dan komitmen untuk memberikan yang terbaik kepada daerah dan masyarakatnya dalam pengelolaan lingkungan hidup.

“Terimakasih saya ucapkan kepada masyarakat Bengkulu. Perolehan penghargaan ini tak lepas dari peran dan dukungan penuh masyarakat. Untuk itu, mari terus bersama-sama bekerja keras membangun Kota Bengkulu, sehingga tahun depan kita dapat kembali meraih Adipura,” ujar Walikota Helmi Hasan ketika diwawancarai para jurnalis usai menerima penghargaan di Jakarta.

Malam Anugerah Lingkungan tahun 2017 ini dihadiri pula para walikota dan bupati penerima penghargaan Adipura. Penghargaan yang diberikan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya terdiri dari 10 Kalpataru, 16 Adipura, 6 Adipura Kencana, 116 Anugerah Adipura, 24 Adiwiyata, dan 9 Nirwasita Tantra untuk 3 Gubernur, 3 Walikota dan 3 Bupati.

Untuk di Provinsi Bengkulu, Kota Bengkulu merupakan satu-satunya penerima penghargaan Adipura ini. Hal ini dikarenakan penilaian yang dilakukan oleh Kementerian LHK lebih ketat dari berbagai aspek, dan Kota Bengkulu berhasil memenuhi penilaian dari Kementerian LHK tersebut.

Penghargaan Adipura yang diterima Kota Bengkulu merupakan bentuk penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) atas upaya-upaya perbaikan secara fisik terhadap pengelolaan lingkungan hidup di Kota Bengkulu.

Misalnya, jalan mulus dan trotoar, jalan dalam kota mulai terlihat rapi dan apik, pasar PTM dan Panorama yang terus dibenahi, hutan kota dan taman-taman semakin asri dan bersih, serta pengelolaan sampah di TPA Air Sebakul yang semakin baik.

Sementara itu, pada saat yang sama Kota Bengkulu juga mendapat penghargaan Adiwiyata Mandiri Tahun 2017 yang diraih oleh SDIT Iqro 1 Kota Bengkulu. Prestasi yang membanggakan ini hanya diberikan kepada 24 sekolah terbaik seluruh Indonesia.

Adiwiyata Mandiri merupakan penghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup yang diberikan oleh Kementerian LHK kepada sekolah yang dinilai telah mampu mengaktualisasikan budaya lingkungan di semua aspek kegiatan sekolah dalam rangka meningkatkan peran warga sekolah dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, guna menunjang pembangunan yang berkelanjutan.

Dalam malam Anugerah Lingkungan 2017 ini turut mendampingi Walikota Bengkulu, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Bengkulu, Kepala Dinas Pertanian Kota Bengkulu dan Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Bengkulu.(rls)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *