Peneliti Temukan Hewan Sejenis ‘Lebah’ dalam Laut

Desember 5, 2016
Sains dan Teknologi 0   190 views 0

PROGRES.ID, JAKARTA – Dalam eksperimen tim peneliti di jurnal Nature Communications baru-baru ini ditemukan bukti adanya kehidupan makhluk semacam lebah di dalam laut. Disebut demikian, karena makhluk yang cuma dapat dilihat dengan mikroskop itu dipastikan memiliki peran penting dalam menyebarkan serbuk bunga di dasar laut.

Meski hanya mirip, binatang tersebut sesungguhnya adalah cacing dan krustasea laut. Dalam penelitian yang dipimpin Brigitta van Tussenbroek dari National Autonomous University of Mexico, hewan tanpa tulang pungggung itu selalu mengerubuti tanaman laut tropis yang disebut rumput kura-kura (Thalassia testudinum). Karena dari tumbuhan tersebutlah, makhluk mikroskopik tersebut mendapatkan nutrisi.

“Dalam penelitian ini, kami menunjukkan bahwa hewan invertebrata mendatangi rumput laut T.testudinum memenuhi syarat untuk dianggap sebagai agen penebar serbuk bunga,” ujar tim peneliti di jurnal Nature Communications seperti yang dilansir CNN Minggu, (4/12/16).

Layaknya lebah, serbuk sari tumbuhan tersebut menempel pada hewan-hewan mikroskopis ini dan ketika berpindah ke rumput lain, serbuk sari tadi ikut terbawa dan jatuh di atasnya. Temuan ini sekaligus membantah anggapan bahwa penyebaran serbuk bunga di laut hanya bisa terjadi lewat arus saja. Sebelumnya, kalangan peneliti cukup yakin bahwa satu-satunya cara semua tumbuhan di dasar laut berkembang biak adalah secara abiotik.

Meski demikian, mereka tetap beranggapan bahwa air adalah medium utama dalam penyebaran serbuk rumput kura-kura. Hanya saja, faktor hewan laut berukuran mikro ini dipercaya meningkatkan keberhasilan reproduksi sang tumbuhan. Apalagi, Studi Tussenbrook ini hanya melihat satu spesies tumbuhan. Sehingga, tak bisa diambil kesimpulan yang sama apakah reproduksi tumbuhan laut lain juga dibantu hewan-hewan mikro. (dsy)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.