Momen HKN 2023, Gubernur Rohidin Mersyah Ingatkan Komitemen Pemprov Pelayanan Kesehatan Gratis

jkn 2023
Pemprov Bengkulu memperingati HKN 2023 (Foto: Media Center Pemprov Bengkulu)

BENGKULU, PROGRES.ID – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah kembali menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk menyediakan layanan kesehatan gratis bagi seluruh masyarakatnya. Hal ini ditegaskannya pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023.

Gubernur Rohidin Mersyah juga menekankan pentingnya kesehatan sebagai kebutuhan utama dan indikator kemajuan daerah. Transformasi dalam sistem kesehatan mencakup aspek pencegahan, peningkatan kualitas SDM, dan penggunaan peralatan kesehatan berkualitas dalam negeri.

Bacaan Lainnya

“Transformasi pelayanan kesehatan menjadi tonggak perbaikan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik, dengan pencapaian Universal Health Coverage (UHC) mencapai 98%. Masyarakat kini dapat dengan mudah mengakses pelayanan kesehatan yang berkualitas,” terang Rohidin.

Perubahan tidak hanya terlihat dari pendekatan pengobatan, namun juga fokus pada pencegahan. Sistem pelayanan yang sebelumnya kompleks dan lambat kini telah menjadi lebih cepat dan mudah diakses.

hkn 2023
Foto: Media Center Pemprov Bengkulu

Dalam sambutannya pada malam puncak HKN ke-59 Provinsi Bengkulu, Gubernur Rohidin menegaskan komitmen bersama seluruh direktur rumah sakit dan pemerintah daerah untuk memastikan kemudahan akses layanan kesehatan, mulai dari pendaftaran hingga obat berkualitas, tanpa membedakan pasien BPJS dan umum.

Selain itu, gubernur juga berupaya agar Rumah Sakit Jiwa Khusus Soeprapto (RSJKO) dapat dikelola oleh Kementerian Kesehatan, mengingat perannya yang menerima seluruh rujukan orang dengan gangguan jiwa.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, melaporkan bahwa rangkaian kegiatan HKN ke-59 tahun 2023 telah berjalan lancar dengan tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju”. Komitmen bersama dan janji mutu fasilitas layanan kesehatan turut disepakati bersama rumah sakit pemerintah dan swasta se-Provinsi Bengkulu.

Pada momen ini, Kemenkes juga memberikan hibah berupa rumah sakit bergerak/terapung di Pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara dan tanah eks kantor dinas kesehatan kepada Kabupaten Rejang Lebong.

Pencapaian angka kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Provinsi Bengkulu hingga September 2023 mencapai 98,02 persen, melebihi target Universal Health Coverage (UHC) sebesar 95 persen.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.