Indonesia Memboyong 24 Unit Pesawat Jet Tempur F-15EX, Ini Keunggulannya

pesawat tempur F-15EX/istimewa

PROGRES.ID– Pada Senin (21/8/2023), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MOU) yang menegaskan niat Indonesia untuk membeli 24 unit pesawat tempur F-15EX canggih dari Amerika Serikat (AS). Pesawat jet tempur F-15EX ini mewakili generasi 4.5 dari teknologi pesawat tempur.

Dalam pernyataan resmi dari Kementerian Pertahanan yang baru saja diumumkan, penandatanganan komitmen pembelian ini dilakukan di markas Boeing di St. Louis, Missouri.

Bacaan Lainnya

Prabowo Subianto juga secara pribadi mengumumkan kabar penting ini melalui akun Instagramnya, “Penandatanganan MOU komitmen pembelian 24 unit pesawat tempur F-15EX,” tulis Prabowo dalam keterangan foto.

Sebelumnya, pada November 2022, Prabowo menjelaskan bahwa rencana pembelian jet tempur F-15 ini masih menunggu persetujuan akhir dari pemerintah. Pertemuan antara Prabowo dan Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, di Jakarta ketika itu, membahas berbagai aspek rencana ini. Prabowo mengatakan bahwa Boeing telah menyetujui tawaran finansial yang diajukan dan diyakini dapat terjangkau. Ia juga menambahkan bahwa negosiasi berlangsung dengan sangat baik.

Departemen Luar Negeri AS telah memberikan persetujuan pada potensi penjualan pesawat tempur F-15 dan peralatan terkait pada Februari 2022.

Lloyd Austin menyatakan dukungannya terhadap upaya modernisasi sistem pertahanan Indonesia yang dilakukan oleh Menteri Pertahanan Prabowo. Austin menegaskan komitmen AS untuk membantu Indonesia dalam upaya tersebut dan mengatakan bahwa pembelian F-15 akan meningkatkan interoperabilitas.

“Kami tentu mendukung upaya Menhan Prabowo untuk terus memodernisasi sistem dan kemampuan pertahanan mereka, dan kami ingin terus membantu dengan cara apapun yang kami bisa,” ujar Austin

Keunggulan Pesawat Jet Tempur F-15EX

F-15EX, yang dirancang oleh Boeing, adalah kelanjutan dari keluarga pesawat F-15 yang telah berhasil beroperasi selama bertahun-tahun. Pesawat ini memiliki sejumlah fitur unggulan, di antaranya adalah kemampuan membawa muatan hingga 13.380 kilogram, yang berarti dapat mengangkut lebih banyak senjata dibandingkan dengan generasi pesawat tempur sebelumnya.

Selain itu, F-15EX memiliki mesin dengan kinerja tinggi dan struktur pesawat yang dirancang untuk mencapai masa layanan hingga 20.000 jam terbang. Pesawat ini juga dilengkapi dengan sistem avionik canggih, radar mutakhir, dan perangkat avionik lainnya yang memungkinkan pesawat untuk mendeteksi serta melacak target dengan akurasi tinggi.

F-15EX juga memiliki fleksibilitas dalam mengintegrasikan berbagai jenis senjata, termasuk rudal udara-ke-udara, bom, dan senjata khusus lainnya. Pesawat ini dapat digunakan dalam berbagai misi, mulai dari dominasi udara, serangan darat, hingga operasi maritim. Selain itu, pesawat ini juga mampu berkomunikasi dalam jaringan pertempuran yang luas.

Dengan sejumlah keunggulan ini, F-15EX diakui sebagai salah satu pesawat tempur paling canggih dan serbaguna di dunia saat ini. Dengan pembelian ini, Indonesia telah memberikan langkah besar dalam memperkuat kemampuan pertahanannya.(kk)

voa Indonesia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.