Indonesia Nomor 1, Ini Daftar Negara Penghasil Nikel di Dunia

ilustrasi tambang
Ilustrasi kegiatan di pertambangan (Foto: Aleksandar Pasaric via Pexels.com)

PROGRES.ID – Nikel adalah logam transisi putih keperakan yang digunakan dalam banyak aplikasi industri, termasuk pembuatan baja, baterai, dan peralatan listrik. Banyak negara di dunia memiliki cadangan nikel yang signifikan, tetapi beberapa negara telah menjadi penghasil nikel terbesar.

Belakangan, nikel kian populer karena pesatnya industri kendaraan listrik. Untuk diketahui, kendaraan listrik harus didukung dengan baterai yang bahannya dibuat dari nikel. Berikut ini adalah beberapa negara di dunia penghasil nikel terbesar.

Bacaan Lainnya
  1. Indonesia
    Indonesia adalah negara penghasil nikel terbesar di dunia. Menurut data dari US Geological Survey, pada tahun 2021, Indonesia menghasilkan sekitar 800.000 metrik ton nikel. Sebagian besar nikel yang dihasilkan di Indonesia ditambang di Provinsi Sulawesi Tenggara dan Papua.
  2. Filipina
    Filipina adalah negara penghasil nikel terbesar kedua di dunia. Pada tahun 2021, Filipina menghasilkan sekitar 360.000 metrik ton nikel. Filipina memiliki cadangan nikel yang sangat besar dan sebagian besar nikel yang ditambang di negara ini berasal dari wilayah Surigao del Norte dan Zamboanga del Norte.
  3. Rusia
    Rusia adalah negara penghasil nikel terbesar ketiga di dunia. Pada tahun 2021, Rusia menghasilkan sekitar 310.000 metrik ton nikel. Rusia memiliki cadangan nikel yang signifikan dan sebagian besar nikel yang ditambang di negara ini berasal dari wilayah Norilsk-Talnakh.
  4. Kanada
    Kanada adalah negara penghasil nikel terbesar keempat di dunia. Pada tahun 2021, Kanada menghasilkan sekitar 250.000 metrik ton nikel. Kanada memiliki cadangan nikel yang cukup besar dan sebagian besar nikel yang ditambang di negara ini berasal dari wilayah Ontario dan Manitoba.
  5. Australia
    Australia adalah negara penghasil nikel terbesar kelima di dunia. Pada tahun 2021, Australia menghasilkan sekitar 180.000 metrik ton nikel. Australia memiliki cadangan nikel yang signifikan dan sebagian besar nikel yang ditambang di negara ini berasal dari wilayah Western Australia dan Queensland.

Kesimpulannya, banyak negara di dunia memiliki cadangan nikel yang signifikan, tetapi Indonesia, Filipina, Rusia, Kanada, dan Australia merupakan negara-negara penghasil nikel terbesar di dunia. Sebagian besar nikel yang ditambang di negara-negara ini berasal dari wilayah yang kaya akan cadangan nikel. Pasar nikel akan terus berkembang seiring dengan pertumbuhan industri dan permintaan global untuk logam ini, dan negara-negara penghasil nikel akan terus menjadi pemain penting dalam pasar global nikel.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.