Kebakaran di Museum Nasional (Museum Gajah) Mengancam Harta Budaya Bersejarah

museum nasional/museum gajah terbakar/istimewa

PROGRES.ID– Museum Nasional atau yang dikenal dengan nama Museum Gajah, yang terletak di Jakarta Pusat, mengalami insiden kebakaran pada malam Sabtu, tanggal 16 September 2023. Kebakaran terjadi sekitar pukul 20.07 WIB dan menyebabkan keprihatinan yang mendalam di kalangan masyarakat.

Ketika terjadi kebakaran di Museum Gajah, sebanyak 13 unit mobil pemadam kebakaran segera dikerahkan ke lokasi untuk mengatasi situasi darurat ini. Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, mengonfirmasi bahwa sebanyak 13 unit pemadam kebakaran beserta 52 personil diterjunkan untuk menangani kejadian ini.

Bacaan Lainnya

“Pengerahan unit ke lokasi 13 unit dan 52 personil,” kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan dilansir dari detik.com, Sabtu (16/9/2023).

Objek yang menjadi korban kebakaran adalah Gedung A Museum Gajah. Tim pemadam kebakaran menerima laporan mengenai kebakaran ini pada pukul 20.07 WIB, dan proses pemadaman masih berlangsung hingga saat ini.

Kebakaran di Museum Nasional ini tentu merupakan berita yang menyedihkan, mengingat museum ini menyimpan banyak artefak dan benda-benda bersejarah yang sangat berharga bagi warisan budaya Indonesia. Upaya pemadaman dan pemulihan akan memerlukan kerja keras dari tim pemadam kebakaran dan pihak berwenang untuk memastikan bahwa kerusakan pada koleksi museum dapat diminimalkan.

Saat ini, investigasi sedang berlangsung untuk menentukan penyebab pasti kebakaran ini dan untuk menilai dampak yang ditimbulkannya pada artefak dan struktur bangunan museum. Semoga langkah-langkah yang cepat dan tepat akan diambil untuk memulihkan Museum Nasional Indonesia, sebuah tempat yang sangat penting dalam pelestarian sejarah dan budaya Indonesia.(koe)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.