Artefak Berharga Selamat dari Bahaya Kebakaran Museum Nasional Indonesia

arca singasari /dok, kemendikbudristek

Kejadian tragis yang melanda Museum Nasional Indonesia (MNI) semalam, ketika sebuah kebakaran melanda gedung tersebut. Namun, beruntungnya, koleksi berharga yang hasil repatriasi dari Belanda selamat dari bahaya tersebut.

Salah satu berita baik adalah bahwa koleksi hasil repatriasi dari Belanda tidak terkena dampak negatif akibat kebakaran tersebut. Artefak-arteafk berharga ini telah disimpan di lokasi yang jauh dari pusat kebakaran, sehingga keamanan mereka terjamin.

Bacaan Lainnya

“Koleksi hasil repatriasi dari Belanda juga dipastikan tidak terdampak karena disimpan di lokasi yang jauh dari pusat kebakaran,” papar Ahmad Mahendra

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan pernyataan pers dari lokasi kebakaran, mengonfirmasi bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Prioritas utama Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) saat ini adalah mengidentifikasi dan memperbaiki ruangan museum yang terdampak serta memastikan keamanan benda-benda bersejarah yang ada.

“Kami akan berupaya keras untuk memastikan bahwa museum kembali dalam kondisi terbaik secepat mungkin,” ujar Mahendra, Plt. Kepala BLU MCB.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.