Artefak Berharga Selamat dari Bahaya Kebakaran Museum Nasional Indonesia

arca singasari /dok, kemendikbudristek

Sebagai langkah pencegahan tambahan, MNI akan sementara ditutup sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Untuk pemegang tiket yang telah dibeli sebelumnya, Mahendra memberikan klarifikasi bahwa situasi ini merupakan “keadaan kahar” (force majeur) yang di luar kendali mereka.

“Karena keadaan kahar ini, tiket yang telah dibeli akan dikembalikan. Informasi lebih lanjut mengenai proses pengembalian dana akan disampaikan segera setelah kami memiliki panduan yang lebih jelas. Kami mohon pengertian dari masyarakat atas langkah yang kami ambil. Tujuannya adalah untuk memastikan keselamatan dan keamanan pengunjung” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dalam menghadapi situasi darurat ini, Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) telah membentuk tim khusus yang bertanggung jawab untuk merawat dan mengamankan benda-benda sejarah dan budaya yang terdampak oleh kebakaran, Sesuai instruksi Nadiem malam hari Sabtu (17/9/2023),

“Investigasi terus dilakukan untuk menentukan penyebab pasti kebakaran ini. Kami berkomitmen untuk terus berbagi temuan investigasi dengan publik seiring perkembangannya,” tutup Mahendra seperti diberitakan detik.com.

Meskipun insiden ini merupakan pukulan yang sangat berat bagi Museum Nasional Indonesia, upaya keras dari semua pihak memberikan harapan bahwa koleksi berharga dan warisan budaya yang ada akan tetap terjaga dengan baik dan tersedia untuk dinikmati oleh generasi mendatang.(albara)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.