Naik, Ini Daftar Harga Eceran Tertinggi Gas Elpiji 3 Kg di Provinsi Bengkulu 2023

gas elpiji
Kepala Biro Ekonomi Provinsi Bengkulu Zahirman Aidi saat memberikan keternagan pers di ruang Media Center Pemprov Bengkulu (Foto: Media Center Pemprov Bengkulu)

BENGKULU, PROGRES.ID –¬†Kondisi ekonomi masyarakat pasca pandemi COVID-19 dan adanya kenaikan BBM menimbulkan kenaikan harga bahan pokok. Sehingga berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat yang selanjutnya berimbas pada kenaikan inflasi daerah.

Atas kondisi tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melakukan penyesuaian harga eceran tertinggi (HET) Gas Elpiji 3 Kg, berdasarkan SK Gubernur Bengkulu Nomor K. 212. BI Tahun 2023.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Kepala Biro Ekonomi Provinsi Bengkulu Zahirman Aidi, dibandingkan dengan provinsi lainnya di wilayah Sumatera, Bengkulu merupakan provinsi terakhir yang melakukan penyesuaian HET Gas Elpiji 3 Kg tersebut sejak 2015 lalu. Sehingga kebijakan tersebut wajar jika dilakukan.

Penyesuaian HET Gas Elpiji 3 Kg juga dilakukan dalam rangka membangun dan mempertahankan iklim investasi dan mengantisipasi kelangkaan atas ketersediaan Gas Elpiji 3 Kg di tengah masyarakat.

“Jadi HET Gas Elpiji 3 Kg di Provinsi Bengkulu ini mulai berlaku pada 1 Juni 2023 mendatang pada setiap pangkalan Elpiji yang ada di kabupaten/kota. Untuk harga ini tergantung dengan jarak sesuai perhitungan dari lokasi SPBE,” ungkap Zahirman saat konferensi pers di Ruang Media Center Pemprov Bengkulu, Selasa (30/05/2023).

Selain itu, terkait pengawasan HET di lapangan, Hiswana Migas Provinsi Bengkulu diminta untuk melakukan pemantauan ke lapangan, utamanya kepada pangkalan yang diduga melakukan penyelewengan, baik dari sisi harga maupun stok barang.

“Jadi setelah ditetapkannya penyesuaian HET Elpiji 3 Kg ini diharapkan tidak ada lagi harga yang melebihi dari SK Gubernur Bengkulu. Juga diminta kepada unsur terkait khusus masyarakat untuk mengawasi dan memantau HET di lapangan. Jika ditemukan penyelewengan harga segera melaporkan ke pihak yang berwenang,” pungkas Zahirman.

Sementara itu Wakil Ketua Hiswana Migas Provinsi Bengkulu Hasyim Asngari mengatakan, tindakan tegas akan dilakukan Hiswana Migas Bengkulu jika ditemukan penyelewengan harga di tingkat pangkalan.

“Laporannya jelas setiap hari ada dari setiap pangkalan. Jadi apabila ada pangkalan yang nakal maka kami akan memberikan sanksi tegas, mulai dari pengurangan stok hingga pada penutupan usaha,” ujarnya.

Berikut HET Gas Elpiji 3 Kg di masing-masing kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu:

  • Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah dan Seluma pada harga Rp 19.000
  • Kepahiang dan Kabupaten Rejang Lebong pada harga Rp 20.000
  • Bengkulu Utara, Bengkulu Selatan dan Lebong pada harga Rp 21.000
  • Kabupaten Mukomuko dan Kaur pada harga Rp 22.000.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.