Warga Karo Sumut Bangun Patung Jokowi, Ini Alasannya

Patung Jokowi di Liang Lemas Datas Sumatra Utara (Foto: Instagram @faktaindo)

SUMUT, PROGRES.ID –¬†Warga Karo, Sumatera Utara mendirikan sebuah patung yang menggambarkan Presiden Joko Widodo di wilayah Liang Melas Datas (LMD).

Proyek pembuatan patung ini merupakan bentuk apresiasi dari warga atas upaya perbaikan jalan yang telah dilakukan oleh Jokowi di daerah tersebut.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, masyarakat Karo mengirim satu truk jeruk ke Istana Kepresidenan sebagai permintaan agar jalan di Kabupaten Karo, khususnya di Liang Melas Datas, diperbaiki.

Pengiriman jeruk ini tiba pada tanggal 3 Desember 2021. Pengerjaan perbaikan jalan pun dimulai pada bulan Februari 2022.

Masyarakat kemudian memutuskan untuk membangun patung Jokowi sebagai tanda terima kasih mereka.

Seperti dilansir dari detikSumut, patung tersebut dibuat dengan warna yang menyerupai perunggu dan memiliki desain yang unik.

Wajah Jokowi pada patung ini menghadap ke depan, tangan kanannya diangkat seolah-olah melambaikan tangan, dan badannya terlihat seperti jalinan.

Patung Jokowi akan ditempatkan di Monumen Juma Jokowi dengan tinggi mencapai 6 meter dan pondasi setinggi 1,5 meter. Selain itu, akan ada taman yang dibangun di sekitar patung tersebut.

Biaya pembangunan keseluruhan, termasuk taman dan area bermain, diperkirakan mencapai Rp2,5 miliar. Dana untuk proyek ini berasal dari sumbangan warga dan juga kontribusi dari Wali Kota Medan, Bobby Nasution, yang juga merupakan anggota keluarga Presiden Jokowi.

“Sementara menurut perhitungan Pak Boy Brahmana, biaya pembangunan monumen ini berkisar sekitar Rp 2,5 miliar. Oleh karena itu, kami ingin menyampaikan terima kasih kepada Ibu Bupati, Pak Bobby, serta Pj Gubernur Sumatera Utara atas kontribusinya,” kata Adil Sebayang, Ketua Panitia Pembangunan Monumen Juma Jokowi sekaligus Kepala Desa Polatebu.

Pada Sabtu, 4 November 2023, saat acara peletakan batu pertama, Presiden Jokowi menyampaikan sambutannya melalui panggilan video dari ponsel Bobby Nasution. “Saya senang, itu saja. Saya senang jika masyarakat senang. Terima kasih Pak Kades, seluruh warga di Liang Melas Datas. Terima kasih, selamat siang. Menjuah juah,” kata Jokowi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.