TikTok Shop Siap Jualan Lagi, Kementerian BUMN Ingatkan Ini!

tiktok shop
Ilustrasi TikTok Shop

JAKARTA, PROGRES.ID –┬áKementerian BUMN memberikan peringatan keras kepada TikTok terkait rencananya untuk kembali membuka bisnis dagang daring, TikTok Shop.

Loto Srianita, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM di Kementerian BUMN, mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan pertemuan dengan TikTok Shop pada bulan November 2023.

Bacaan Lainnya

Dalam pertemuan tersebut, Kementerian BUMN menekankan pentingnya dukungan terhadap produk-produk UMKM di TikTok Shop.

“Kita sudah bertemu dan menyampaikan kepada TikTok tentang fokus kita pada produk-produk UMKM. Kita memiliki kekayaan produk UMKM yang harus dikedepankan di TikTok Shop,” jelas Loto seperti dilansir Kompas.com.

Pemerintah berterbuka untuk bekerjasama dengan TikTok Shop asalkan mematuhi regulasi yang berlaku dan memberikan peluang kepada UMKM untuk tumbuh di platform tersebut. Selain itu, TikTok Shop diminta untuk secara aktif memantau transaksi dagangnya guna melindungi kepentingan UMKM.

Loto juga menyoroti kekhawatiran terhadap dominasi produk impor di TikTok Shop, dengan mengingatkan bahwa fokus seharusnya pada produk lokal. Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, turut menekankan perlunya memastikan bahwa TikTok Shop tidak melakukan praktik predatory pricing yang dapat merugikan UMKM.

“Penting bagi manajemen TikTok dan GoTo untuk memastikan bahwa tidak ada lagi praktik predatory pricing yang dapat merugikan UMKM,” ujar Teten.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie, berharap bahwa jika TikTok Shop kembali beroperasi, manajemen harus memastikan manfaat bagi konsumen. “Merger atau tidak, yang penting konsumen dan negara harus mendapat manfaat,” ujar Budi Arie.

Pemerintah menekankan pentingnya memberikan keuntungan kepada konsumen dan mendukung pengembangan ekonomi nasional melalui bisnis model yang berkelanjutan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.