Home / Edukasi

Senin, 15 Agustus 2016 - 14:28 WIB

Lagu Kebangsaan Dinilai Mampu Bangkitkan Nasionalisme Pada Anak

Sumber foto: Sport.detik.com

Sumber foto: Sport.detik.com

PROGRES.ID – Semarak menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI sudah terasa ketika pelajar dengan semangat menyorakkan lagu kebangsaan di setiap sekolah. Diantara polemik pendidikan karakter yang muncul belakangan ini, lagu kebangsaan cukup mengobati kekhawatiran setiap orang tua yang bertanya-tanya tentang bagaimana membentuk karakter anak agar memiliki rasa nasionalisme yang tinggi terhadap negaranya.

Banyak cara membangkitkan rasa nasionalisme generasi muda, salah satunya melalui lagu-lagu kepahlawanan. Selain itu, lewat lagu tersebut, patriotisme, serta rasa memiliki terhadap bangsa juga mampu menggugah dan meningkatkan nasionalisme. Lagu kebangsaan juga mengajarkan mereka untuk mencintai tanah airnya. Selain menjadikan mereka terbuka dengan nilai-nilai budaya, anak-anak pun akan tumbuh jadi pribadi yang lebih perasa terhadap segala sesuatu yang terjadi di sekitar mereka. Dengan lagu, mereka tidak berpikir dengan kaku, tapi justru lebih luwes menemukan solusi dari berbagai kasus atau masalah yang dihadapi sehari-hari. Menjadi pribadi yang tangguh dan penuh rasa percaya diri.

Baca Juga |  Putri Bengkulu, Sang Perajut Merah-Putih Role Model Perempuan Indonesia

Menurut Maria Susanti, psikolog dari Universitas Tarumanegara, Rasa patriotism dan nasionalisme sendiri tidak bisa didapat begitu saja ketika seseorang sudah berada dalam tahap dewasa. Ini harus ditanamkan dan dipupuk sejak kecil sehingga mengakar sampai dewasa.

Baca Juga |  Miliki Paspor Prancis, Gloria Natapraja Gagal Dikukuhkan Jadi Paskibraka

“Semua itu berawal dari penanaman nilai-nilai di rumah. Orang tua dan orang yang terdekat dengan anak itu yang utama.”ujar Maria.

Sekolah harusnya memiliki porsi yang lebih besar pula untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air lewat lagu-lagu kebangsaan yang bisa dicerna lebih mudah sejak dini. Untuk itu, lagu kebangsaan harus menjadi sebuah kewajiban di sekolah untuk dihafal, dihayati dan dilestarikan.(dsy)

Share :

Baca Juga

Berita Utama

Benarkah UN Akan Dihapuskan?
Paskibraka Bengkulu Tasya

Berita Utama

Tasya Sempat Terpikir Mundur Seleksi Paskibraka, Ini Sebabnya
Ranking webometrics PT di bengkulu

Edukasi

Ini 5 Universitas Terbaik di Provinsi Bengkulu Tahun 2020 Versi UniRank
Pedito Alam

Berita Utama

Akankah Bahasa Rejang Punah?
IJTI bengkulu

Berita Utama

Ditunjuk Jadi Ketua IJTI Bengkulu, Ini Program Herry Supandi

Berita Utama

Nyanyian Rindu Peraih Medali Perak Untuk Andrea Hirata
Ketua MKKS Kabupaten RL

Berita Utama

Koneksi Lambat, UNBK di 3 Sekolah Telat dan Tak Ada Tambahan Waktu

Berita Utama

Mulai Tahun Ajaran 2017/2018, Pemkot Tangerang Gratiskan Biaya Sekolah SMP dan SD negeri maupun swasta
error: Konten ini dirpoteksi !!