pubmatic.com, 157566 , DIRECT, 5d62403b186f2ace

Prancis atau Perancis, Manakah yang Baku Menurut KBBI?

Kamus Bahasa Prancis
Dua kamus Bahasa Prancis terbitan Gramedia. Ada yang menggunakan kata Prancis dan ada yang Perancis (Sumber gambar: Tokopedia.com)

PROGRES.ID – Prancis atau Perancis? Yang manakah yang baku? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring yang dapat diakses melalui situs kbbi.kemdikbud.go.id, kata Prancis adalah yang paling benar atau baku. Sedangkan kata Perancis adalah kata yang tidak baku.

Namun, sejumlah media massa terkadang masih menulis keduanya. Terkadang ada yang masih menulis dengan kata Prancis dan ada pula yang menulis Perancis.

Wikipedia Bahasa Indonesia (id.wikipedia.org) juga sudah menulis kata Prancis untuk menyebut negara dengan ibu kota di Paris ini.

Alasan mengapa Prancis menjadi kata yang tepat dalam Bahasa Indonesia adalah karena kata Prancis berasal dari kata France, French dan juga français. Semua kata itu tidak ada yang menggunakan huruf ‘e’. Lalu mengapa kemudian di Indonesia ada huruf ‘e’ yang menyusupi kata tersebut?

Huruf ‘e’ digunakan untuk mempermudah pengucapan. Namun pada akhirnya kata Perancis dengan huruf e menjadi banyak digunakan.

Jadi, jika kalian ingin menggunakan kata yang benar untuk menyebut negara tempat Menara Eiffel ini, maka gunakanlah Prancis.

Sumber: Sisiterang.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.