Soal dan Pembahasan untuk Guru TIK dengan Kurikulum Merdeka

belajar abada 21
Ilustrasi: Labrita.id

PROGRES.ID – Guru dituntut mampu berinovasi dan memperkaya diri dengan pengetahuan Teknologi, Informatika dan Komputer (TIK). Dengan menguasai TIK, maka guru akan mampu menjadikan proses pembelajaran lebih menarik dan diminati siswa.

Berikut ini Progres.id memberikan beberapa contoh soal dan pembahasan tentang TIK yang bermanfaat bagi guru yang dalam studi pengembangan TIK.

Bacaan Lainnya

1. Menurut Foreman, ada beberapa prinsip yang harus diterapkan dalam sebuah game edukasi, apa itu?
a. active learning, motivation, novelty
b. motivation, action, social
c. active learning, scaffolding, feedback active
d. social, action, transfer
e. technology, interactivity, motivation

Jawaban yang benar adalah c. active learning, scaffolding, feedback active.

Pembahasan:
Foreman adalah seorang ahli game edukasi yang telah mengembangkan teori tentang prinsip-prinsip yang harus diterapkan dalam sebuah game edukasi. Menurut Foreman, ada tiga prinsip utama yang harus diterapkan dalam sebuah game edukasi, yaitu:

  • Active learning: Game edukasi harus mendorong siswa untuk belajar secara aktif, bukan hanya mendengarkan atau membaca. Siswa harus didorong untuk berinteraksi dengan materi pelajaran, memecahkan masalah, dan membuat keputusan.
  • Scaffolding: Game edukasi harus menyediakan dukungan yang sesuai untuk siswa, sehingga mereka dapat belajar dengan sukses. Dukungan ini dapat berupa petunjuk, umpan balik, atau bantuan dari orang lain.
  • Feedback active: Game edukasi harus memberikan umpan balik yang aktif kepada siswa, sehingga mereka dapat mengetahui apakah mereka belajar dengan benar. Umpan balik ini dapat berupa skor, peringkat, atau komentar.

Prinsip-prinsip ini penting untuk diterapkan dalam sebuah game edukasi agar game tersebut dapat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.