Universitas Bengkulu
Gedung Rektorat Unib | Foto: www.unib.ac.id

PROGRES.id, BENGKULU -Untuk menyiapkan generasi yang ahli dibidang kemaritiman, Universitas Bengkulu (Unib) berencana membangun Fakultas Maritim. Menurut Rektor Unib, Ridwan Nurazi, fakultas tersebut merupakan pengembangan Program Studi Kelautan.

“Ya itu yang kita tingkatkan, kita sedang menyusun pranatanya,” kata Ridwan, Jumat (15/4/2016) seperti dikutip dari Antara.

Ridwan mengatakan, lulusan kemaritiman sangat dibutuhkan, terlebih lagi kawasan Indonesia memang sebagian adalah wilayah maritim. Mereka juga diharapkan dapat berkontribusi menggiatkan sektor maritim seperti yang mulai digalakkan pemerintah saat ini.

Provinsi Bengkulu juga memiliki laut yang luas dan belum tereksplorasi maksimal. Justru perekonomian mayoritas masyarakat banyak ditopang oleh sektor pertanian.

Lautan Bengkulu terbentang sepanjang pesisir barat Pulau Sumatera dengan panjang 525 kilometer. Sektor kemaritiman di Provinsi Bengkulu sampai saat ini hanya bersumber dari nelayan tradisional.

Pengolahan hasil laut bahkan belum menjadi industri yang besar.  Dibidang ekonomi kreatif dan pariwisata, turis lokal dan asing belum tergaet untuk menikmati panorama kemaritiman.

“Kita mohon dukungan pemerintah daerah, jika ada dukungan, fakultas ini segera akan menerima mahasiswa pertamanya,” tandasnya.

Sumber: Antara

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.