Fokus Digital, Edisi Cetak Surat Kabar Inggris The Independent Berakhir

Maret 28, 2016

PROGRES.id – Surat kabar Inggris, The Independent akhirnya menerbitkan edisi pamungkas pada Sabtu (27/3/2016). The Independent memutuskan untuk tidak lagi memberikan sajian berita via surat kabar cetak, namun akan fokus pada pemberitaan online atau digital.

The Independent telah terbit dalam format cetak selama 30 tahun. Kecenderungan masyarakat memilih membaca berita dari situs berita online terlihat dari menurunnya oplah surat kabar tersebut drastis dari angka 420 ribu menjadi hanya 10 persen dari total penjualan.

“Jurnalisme telah berubah di luar apa yang dibayangkan. Kami pun (The Independent) harus berubah mengikuti perubahan zaman,” kata Evgeny Lebedey, salah satu pemilik surat kabar The Independent, seperti dikutip oleh Viva.co.id dari situs Sky News, Minggu, (27/3/2016).

Evgeny bersama Alexander Lebedey, telah mengumumkan pemberhentian edisi cetak pada Februari lalu. Mereka menjelaskan akan mengikuti proses transisi ke arah digital.

Pada halaman depan edisi terakhir surat kabar The Independent memuat cerita eksklusif tentang koneksi Inggris dalam komplotan untuk membunuh mantan Raja Arab Saudi. Terdapat gambar mencolok penumpang kereta yang dievakuasi selama operasi antiteror di Brussels, Belgia.

Untuk diketahui, The Independent merupakan media cetak yang didirikan oleh tiga mantan jurnalis pada Tahun 1986 yang digawangi oleh Andreas Whittam Smith. Media cetak ini akhirnya populer karena layout-nya cukup menarik didukung kualitas foto yang baikd ari para fotografernya.

Dalam sebuah editorial, The Guardian memberikan penghormatan kepada media cetak The Independent yang telah memutuskan diri hengkang dari dunia cetak karena juga disebabkan faktor menurunnya iklan di versi cetak seiring perkembangan teknologi digital.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.