Terusan Kra Thailand Bakal Hancurkan Ekonomi Singapura

Juni 7, 2016

PROGRES.ID, THAILAND – Rencana Kerajaan Thailand membangun terusan Kra sedang diamati serius oleh Singapura dan Malaysia. Pasalnya, jika Thailand merealisasikan rencana ini, maka Singapura yang dikenal sebagai Kota Pelabuhan akan tinggal sejarah. Perekonomian Selat Malaka pun akan mengalami nasib demikian.

Lalu apa imbasnya bagi Indonesia? Sebagai negara yang bercita-cita menghidupkan kembali poros maritim, Indonesia tidak akan mengalami keterpurukan jika terusan Kra dibangun. Namun, efek dari itu tetap ada.

Situs berita Malaysia, www.utusan.com.my menerbitkan opini Dr. Mohd. Hazmi Mohd Rusli, guru besar di Universiti Sains Islam Malaysia berjudul ‘Terusan Kra: Apa Nasib Selat Malaka?’

Dalam opininya Mohd Hazmi menuliskan bahwa Selat Malaka adalah selat tersibuk nomor 2 di dunia setelah Selat Dover di Alur Inggris. Aktifitas pelabuhan di Selat Malaka terus meningkat.

Ia menjelaskan bahwa salah satu pelabuhan di Selat Malaka yang paling sibuk adalah Pelabuhan Tanjung Pelepas (PTP) yang merupakan penopang ekonomi Singapura. Pelabuhan ini banyak bergantung kepada industri perkapalan.(pid)
(Bersambung)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.