Pemprov Bengkulu Optimis Penerapan Aplikasi MyPertamina Dapat Bantu Distribusi BBM Subsidi

Agar Tepat Sasaran

Media Center Pemprov Bengkulu
rakor mypertamina
Rakor penerapan aplikasi MyPertamina (Foto: Media Center Prov Bengkulu/PROGRES.ID)

BENGKULU, PROGRES.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu optimis dengan penerapan aplikasi MyPertamina oleh Pertamina dapat mendistribusikan BBM bersubsidi dengan tepat. Pemprov Bengkulu pun mengapresiasi aplikasi ini.

Menurut Penjabat Sekda Provinsi Bengkulu Fachriza Razie, penyaluran BBM bersubsidi bisa sampai ke masyarakat secara terukur. Meski demikian, Fachriza mengakui akan ada kendala dalam penerapannya.

“Kita menyambut baik penerapan aplikasi MyPertamina bagi pengguna BBM bersubsidi di Provinsi Bengkulu. Saat ini Pertamina sudah melakukan sosilasiasi tata cara pendaftaran dan penggunaannya untuk masyarakat,” terang Facriza Razie usai memimpin Rapat Pembahasan Penerapan Aplikasi MyPertamina bagi pengguna BBM bersubsidi di Provinsi Bengkulu, di Ruang Rapat Lantai III Kantor Gubernur Bengkulu, Selasa (13/07/2022).

Ia berharap penerapan aplikasi MyPertamina ini dapat segera terlaksana di Provinsi Bengkulu. Saat ini, lanjutnya, baru 11 kabupaten/kota di Indonesia yang sudah melakukan ujicoba MyPertamina, dari tanggal 1 Juli lalu.

“Kita perlu sosialisasikan lebih awal agar masyarakat bisa mengerti dalam penggunaannya nanti. Saat ini kita hanya menunggu instruksi dari Pertamina pusat kapan bisa digunakan di Provinsi Bengkulu. Selain itu perlu memastikan kondisi kondusif di masyarakat,” ujarnya.

Sales Area Manager Lampung-Bengkulu PT Pertamina, Drestanto mengatakan rapat hari ini untuk menyosialisasikan tata cara pendaftaran dan penggunaan aplikasi MyPertamina bagi pengguna BBM bersubsidi di Provinsi Bengkulu.

Fachriza mengimbau masyarakat pengguna BBM bersubsidi di Provinsi Bengkulu untuk segera mendaftarkan diri di aplikasi MyPertamina mulai Kamis (14/7/2022).

“Silakan masyarakat untuk mendaftar sesegera mungkin mulai besok, jika sudah mendaftar nanti akan diverifikasi dan mendapat barcode. Barcode yang didapat itulah dibawa ke SPBU untuk membeli BBM bersubsidi,” jelasnya.

Ia menambahkan, selain bisa membeli BBM jenis Pertalite dan Solar melalui aplikasi MyPertamina,  masyarakat juga masih bisa membeli BBM bersubsidi secara tunai.

Untuk pendaftaran, lanjutnya, masyarakat bisa mengakses website atau aplikasi MyPertamina dan jika ragu bisa mendatangi SPBU terdekat untuk didaftarkan.

“Hanya kendaraan yang sudah terdaftar di MyPertamina boleh melakukan pengisian BBM bersubsidi. Nantinya, SPBU juga akan memakai Electronic Data Capture (EDC) untuk mengecek nomor kendaraan atau konsumen yang telah terdaftar di sistem melalui barcode di smartphone kamu,” ungkapnya pada rapat yang juga dihadiri Hiswana Migas, Karo Ekonomi, ESDM, Kominfotik, Kesbangpol, BPKD, Disperindag Provinsi Bengkulu serta dari Polda dan juga Organda Provinsi Bengkulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.