PROGRES.id, BENGKULU – Mulai 2017, Pemerintah Provinsi Bengkulu menargetkan semua sekolah bisa menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal ini dikemukakan oleh Wakil Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah saat memantau UN di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu, Senin (4/4/2016).

“Tahun depan kita upayakan semua sekolah yang jadi penyelenggara ujian nasional sudah terfasilitasi untuk menggelar UNBK,” kata Rohidin seperti dikutip Progres.id dari Tempo.co.

Rohidin menjelaskan bahwa UNBK merupakan salah satu menjadikan UN menjadi transparan dan akuntabel  dan dapat mengetahui kemampuan peserta ujian.

Ditambahkannya, Pemprov Bengkulu akan melakukan verifikasi jumlah sekolah yang menjadi penyelenggara UN termasuk fasilitas yang sudah dimiliki.  Diharapkan, lanjutnya, Pemprov sudah dapat mengadakan fasilitas penunjang UNBK berupa komputer, listrik dan jaringan internet.

Pada 2016, jelasnya, hanya 14 sekolah yang menggelar UNBK di Provinsi Bengkulu, yaitu 7 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 7 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu menyebutkan sekolah penyelenggara UNBK tersebut yakni SMA Negeri 2 Kota Bengkulu, SMA Negeri 1 Curup Timur, SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, dan SMA Negeri 7 Bengkulu Selatan, SMA Negeri 1 Kepahiang, dan SMA Negeri 2 Bengkulu Tengah.

Untuk SMK yaitu SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 3 Kota Bengkulu, SMK Negeri 2 Argamakmur, SMK Negeri 1 Curup Timur, SMK Negeri 1 Bengkulu Selatan, SMK Negeri 3 Mukomuko dan SMK Negeri 2 Kepahiang.(pid)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.