Gerhana Matahari Cincin
Gerhana Matahari Cincin (Sumber Foto: BMKG.go.id)

BENGKULU, PROGRES.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan akan terjadi Gerhana Matahari Cincin (GMC) pada hari Kamis, 26 Desember 2019. GMC ini akan melalui 25 kota dan kabupaten di 7 provinsi, yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Di Provinsi Bengkulu, gerhana yang teramati berupa Gerhana Matahari Sebagian (GMS) dengan magnitudo gerhana terentang antara 0,880 di Mukomuko hingga 0,824 di Bintuhan, Kabupaten Kaur. Data keterlihatan (visibilitas) dapat dilihat pada tabel di bawah.

Menukil rilis resmi BMKG yang diunduh dari situs www.bmkg.go.id, secara umum, gerhana di Bengkulu akan dimulai  pukul 10.27 WIB. Puncak gerhana akan terjadi pukul 12.20 WIB. Gerhana akan berakhir pada pukul 14.13 WIB. Durasi gerhana yang teramati di Provinsi Bengkulu rata-rata adalah 3 jam 46 menit.

Data visibiltas GMC
Sumber: BMKG.go.id

Durasi terlama di Provinsi Bengkulu ini bisa diamati di Mukomuko. Di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Sumatera Barat ini, kontak pertamanya akan dimulai pukul 10.22 WIB dan akan berakhir pada 14.10 WIB. Durasinya mencapai 3 jam 47 menit 40,3 detik. Puncak gerhana akan terjadi pukul  12.15 WIB.(red)

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.