Home / Berita Utama / Internasional

Selasa, 24 Agustus 2021 - 13:13 WIB

AS Tingkatkan Kecepatan Evakuasi dari Kabul

PROGRES.ID –

Pejabat Gedung Putih, Senin (23/8), mengatakan Amerika Serikat (AS) setiap hari melakukan kontak dengan Taliban. Namun tetap terus berpacu dengan waktu untuk terus menyelesaikan penarikan pasukan dari Afghanistan dengan batas waktu 31 Agustus, seperti yang ditetapkan Presiden Joe Biden.

“Kami sedang dalam pembicaraan dengan Taliban setiap hari melalui saluran politik dan keamanan” mengenai “setiap aspek dari apa yang terjadi di Kabul sekarang,” kata penasihat keamanan nasional Jake Sullivan kepada para wartawan di Gedung Putih.

Sekitar 16.000 orang diterbangkan keluar dari Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul dari Minggu (22/8) hingga Senin (23/8), menggunakan kombinasi hampir 90 penerbangan militer dan komersial, menurut pejabat AS, yang mengatakan sebagian besar – sekitar 11.000 orang – diangkut dengan pesawat militer Amerika.

Seorang Penerbang AS menghibur seorang bayi selama evakuasi di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul pada 20 Agustus 2021. (Foto: AFP/Mark Andries/Korps Marinir AS)

Seorang Penerbang AS menghibur seorang bayi selama evakuasi di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul pada 20 Agustus 2021. (Foto: AFP/Mark Andries/Korps Marinir AS)

“Kami unggul dalam hal jumlah evakuasi,” menurut Sullivan, yang mengatakan bahwa yang menjadi masalah adalah kapasitas tempat transit di negara ketiga.

“Ada banyak faktor yang memungkinkan untuk mencapai kapasitas angkut itu, termasuk tempat perlindungan sementara yang menjadi tempat orang-orang ini saat mereka menjalani proses penyaringan,” kata juru bicara Pentagon John Kirby. Ia mengatakan kepada para wartawan di Departemen Pertahanan, Senin (23/8), tujuan militer adalah untuk mengevakuasi antara 5.000 sampai 9.000 orang per hari.

Biden “mengikuti perkembangan hari demi hari dan akan membuat keputusannya sesuai keadaan,” kata Sullivan mengenai tenggat 31 Agustus.

Sebelumnya Senin (23/9), Gedung Putih mengatakan sekitar 37.000 orang telah diterbangkan sejak Taliban menguasai Afghanistan setelah pemerintahan yang didukung AS di negara itu runtuh lebih dari seminggu yang lalu.

Namun berapa banyak orang Amerika yang tetap terjebak di Afghanistan hingga kini masih belum jelas. [lt/em]

logo voa indonesia

Share :

Baca Juga

Berita Utama

Rumah Sakit AS Kekurangan Perawat di Tengah Pandemi COVID-19

Berita Utama

2 Warga Jepang Tewas Setelah Disuntik Vaksin Moderna

Berita Utama

Perusahaan AS Blackstone Batal Beli Soho China

Berita Utama

Pemerintah Terima 17 Ribu Laporan Anak Yatim Korban COVID-19

Berita Utama

Kejahatan Kebencian di AS Naik pada 2020

Berita Utama

Menlu AS Kunjungi Qatar, Jerman untuk Diplomasi Afghanistan

Berita Utama

Upaya Mengatasi Perubahan Iklim Global Perlu Dukungan Semua
Ilustrator Spiderman far from home

Berita Utama

Ilustrator Asal Malang Menang Kontes Gambar Poster Film “Spiderman: Far From Home”