Biden Setuju California Dinyatakan Darurat Bencana

  • Bagikan

PROGRES.ID –

Presiden Amerika Joe Biden menyetujui deklarasi bencana untuk California dan akan melakukan perjalanan ke Sacramento, Senin (13/9) untuk mengamati kerusakan akibat kebakaran hutan baru-baru ini, kata Gedung Putih Minggu (12/9).

“Presiden Joseph R. Biden, Jr. menyatakan bahwa terjadi bencana besar di Negara Bagian California dan memerintahkan bantuan Federal untuk mendukung upaya pemulihan Negara Bagian, suku, dan lokal di daerah yang terdampak Kebakaran Caldor yang terus berlangsung sejak 14 Agustus 2021,” kata Gedung Putih Minggu malam.

Pohon-pohon di Hutan Nasional Eldorado, California, habis dilahap "Caldor Fire", 3 September 2021.

Pohon-pohon di Hutan Nasional Eldorado, California, habis dilahap “Caldor Fire”, 3 September 2021.

Lebih dari 6.800 kebakaran hutan besar dan kecil menghanguskan sekitar 689.000 hektar di California musim ini, memaksa semua petugas dan peralatan pemadam kebakaran dikerahkan. Api dipicu kondisi kering yang sangat panas yang menurut para ahli merupakan gejala perubahan iklim. Kebakaran musim panas tercatat sebagai salah satu yang paling merusak.

Biden pekan lalu mengatakan bahwa kebakaran hutan, angin topan, dan banjir melanda setiap bagian Amerika, dengan lebih dari 100 juta orang Amerika terdampak pada musim panas ini saja. Ia mendesakkan investasi untuk meningkatkan infrastruktur dan memerangi pemanasan global.

Biden menjadikan perang melawan perubahan iklim sebagai janji utama dalam kampanye kepresidenannya tahun 2020 dan prioritas utama pemerintahannya tetapi sebagian upanya itu bergantung pada dukungan Kongres untuk meloloskan rancangan undang-undang triliunan dolar untuk perbaikan infrastruktur dan prioritas lainnya. [ka/ab]

logo voa indonesia

banner 336x280
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.