Home / Berita Utama / Nasional

Kamis, 28 April 2016 - 00:44 WIB

BKN Sebut 57.724 ASN di Indonesia Fiktif, Sejumlah Pemda Bantah

PROGRES.ID, JAKARTA – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menemukan 57.724 Aparatur Sipil Negara (ASN) diduga fiktif. Jika temuan ini pada kemudian hari dinyatakan benar, maka negara merugi hingga triliunan rupiah untuk membayar gaji ASN fiktif ini.

Kepala Daerah (Kada) dan Badan Kepegawaian Daerah di masing-masing daerah membantah adanya ASN fiktif. Dikutip dari situs berita Antara, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menegaskan, tak ada uang negara yang mengalir ke ASN Fiktif.

Sementara itu, Kepala BKD Pekanbaru, Riau, Azharisman Rozie, juga membantah adanya ASN fiktif di daerahnya. Ia menilai semua ASN di Pemkot Pekanbaru telah terdata dan sah.
“Untuk Kota Pekanbaru sendiri Insya Allah tidak ada ASN yang bodong atau fiktif. Semua ASN di lingkungan Pemko Pekanbaru sudah terdata dan sah,” kata Azharisman seperti dikutip dari HalloRiau.com.
Hal serupa diterangkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Ia menilai kemungkinan ada kesalahan sistem.

“Bisa saja terjadi karena sistemnya nggak baik, baru kita buat,” kata Basuki di Jakarta, Rabu (27/4/2016) dilansir dari AntaraNews.com.
Kepala BKD DKI Jakarta, Agus Suradika mengungkapkan sebanyak 1.848 ASN di Jakarta tidak melakukan elektronik Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (e-PUPNS).

ASN ini terdiri dari 780 pensiunan, 371 berhenti dengan hormat, 211 meninggal dunia, 55 berhenti tidak hormat, 27 berhenti sementara, 4 Calon ASN mengundurkan diri dan 68 PNS belum melakukan e-PUPNS.

“1.848 itu yang masih tercatat di Badan Kepegawaian Negara, dan belum melakukan e-PUPNS,” ungkap Agus.(**)

Share :

Baca Juga

Berita Utama

2017, Seluruh Sekolah di Provinsi Bengkulu Ditarget Bisa UNBK

Berita Utama

Hakim MK Patrialis Akbar Ditangkap KPK
Volodymyr Zelenskiy

Berita Utama

Pilpres Ukraina, Petahana dan Komedian Unggul

Berita Utama

TNI AD : Wajar Jika Tentara Marah Pada Iwan Bopeng

Berita Utama

Kemenlu Terus Lakukan Penyelidikan Terkait TKI yang Disandera di Riyadh
Lion Air

Berita Utama

Ada 20 Pegawai Kemenkeu Ikut dalam Pesawat Lion Air yang Jatuh
Djarum Indonesia Open

Berita Utama

Pemerintah Akui Bergantung Pada Djarum untuk Pembinaan Atlet Bulu Tangkis

Berita Utama

Viral : Polwan Cantik Bawa Kamera saat Teror Bom Panci Bandung
error: Konten ini dirpoteksi !!