Home / Berita Utama / Internasional

Rabu, 15 September 2021 - 02:42 WIB

Blinken di Senat AS Paparkan Bantuan bagi Afghanistan

PROGRES.ID –

Menteri Luar Negeri Amerika Antony Blinken berjanji akan melanjutkan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Afghanistan melalui badan-badan PBB dan organisasi non-pemerintah, sehari setelah Amerika mengatakan akan memberikan hampir $64 juta bantuan baru untuk kemanusiaan.

Diplomat tertinggi Amerika itu menghadapi putaran pertanyaan sulit lagi, Selasa, dari anggota Kongres atas penarikan pasukan Amerika dari Afghanistan bulan lalu, dalam kesaksian di depan Komisi Hubungan Luar Negeri Senat. Blinken mengatakan dana tambahan akan “memenuhi kebutuhan kesehatan yang penting dan nutrisi, mengatasi masalah perlindungan perempuan, anak-anak, dan minoritas, untuk membantu lebih banyak anak – termasuk anak perempuan – kembali ke sekolah.”

Dengan bantuan itu, yang tidak akan diserahkan melalui Taliban melainkan didistribusi langsung ke rakyat Afghanistan, berarti Amerika telah memberi hampir $330 juta bantuan kepada rakyat Afghanistan dalam tahun fiskal ini.

PBB meminta $606 juta untuk sisa tahun ini untuk pangan, perawatan kesehatan, tempat tinggal dan kebutuhan vital lainnya untuk membantu 11 juta orang.

Sementara Sidang Umum PBB tahun ini Selasa secara resmi dibuka, belum diketahui apakah pimpinan Taliban akan mewakili Afghanistan atau tidak dalam pertemuan internasional itu. [ka/lt]

logo voa indonesia

Share :

Baca Juga

Berita Utama

Aung San Suu Kyi Sakit, Tidak Hadir di Pengadilan
IJTI bengkulu

Berita Utama

Ditunjuk Jadi Ketua IJTI Bengkulu, Ini Program Herry Supandi

Berita Utama

Perjumpaan dan Kerja Sama Antar Pemeluk Agama Perkuat Kebhinekaan RI

Berita Utama

Tuntut Pemukiman Kembali, Ratusan Pengungsi Afghanistan Demo di Jakarta
Pencak Silat di Amerika

Berita Utama

Berguru ke Sumatra, Warga AS Dirikan Sekolah Silat di Virginia

Berita Utama

Australia Catat 3 Kematian Baru Akibat COVID-19 

Berita Utama

Badai Tropis Nicholas Ancam Timbulkan Banjir di Louisiana

Berita Utama

Pemerintah Biden Bela Penarikan Mundur Pasukan dari Afghanistan