PROGRES.ID, BENGKULU – Warga di Provinsi Bengkulu diingatkan untuk mewaspadai petir. Peringatan ini dikeluarkan Stasiun Meteorologi Kelas III Fatmawati Soekarno Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu, Sabtu (23/4/2016).

”Kami imbau warga di Provinsi Bengkulu agar waspada petir, khususnya pada sore dan malam hari ini,” ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas III Fatmawati Soekarno BMKG Bengkulu, Anjasman seperti dilansir Okezone.com.

Dijelaskan Anjas, di 10 kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu akan mengalami hujan dengan intensitas sedang saat sore dan malam hari. Hujan ini berpotensi petir sehingga harus diwaspadai. Hal itu berdasarkan berdasarkan gambaran citra satelit cuaca tampak daerah liputan awan konvektif di wilayah pesisir barat Sumatera.

“Seluruh kabupaten kota di Provinsi Bengkulu sedang musim hujan, dan hujan ini selalu disertai petir, untuk itu warga harus waspada,” terangnya.

Menurutnya, cara mewaspadai petir yakni tidak menyalakan televisi saat petir berlangsung, meminimalisir penggunaan handphone di luar bangunan dan cara lain.

“Hal-hal yang mudah memicu petir menyambar adalah elektronik yang menyala, aktifitas dengan ponsel di luar ruang dan sebagainya,” tandas Anjas.(**)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.