Home / Berita Utama / Nasional

Jumat, 18 September 2020 - 20:44 WIB

Jelang Pilkada 2020, Cyber Patrol Kemkominfo Pantau Konten Negatif di Medsos

Direktur Komunikasi dan Informasi Politik, Hukum dan Keamanan Dirjen Informasi Komunikasi Publik (DJIKP) Kemkominfo, Prof. Bambang Gunawan berbicara pada acara webinar dengan tema

Direktur Komunikasi dan Informasi Politik, Hukum dan Keamanan Dirjen Informasi Komunikasi Publik (DJIKP) Kemkominfo, Prof. Bambang Gunawan berbicara pada acara webinar dengan tema "Pencegahan Penyebaran Berita Hoax Menjelang Pilkada 2020," Jumat siang (18/09/2020). (Tangkapan Layar Zoom)

JAKARTA, PROGRES.ID – Kementerian Kominfo mengaku telah menyiagakan patroli siber (cyber patrol) untuk memantau media sosial dan website yang menyebarkan negatif, mengandung hoaks (berita palsu) dan ujaran kebencian menjelang Pemilihan Serentak 2020. Ini diungkapkan Direktur Komunikasi dan Informasi Politik, Hukum dan Keamanan Dirjen Informasi Komunikasi Publik (DJIKP) Kemkominfo, Bambang Gunawan di acara webinar dengan tema “Pencegahan Penyebaran Berita Hoax Menjelang Pilkada 2020,” pada Jumat siang (18/09/2020).

“Di Kemkominfo itu ada cyber patrol atau patroli siber. Kominfo tidak pasif menunggu ada pengaduan, menunggu ada laporan. Cyber patrol ini kerjanya 7 hari seminggu, 24 jam sehari,” ujar Bambang.

Baca Juga |  Capai Target Pembangunan, Jokowi Siap Undang Talenta Global dan Pangkas Regulasi-Birokrasi

Meski demikian, laporan masyarakat terkait konten negatif di media sosial tetap akan ditindaklanjuti oleh Kemkominfo.

“Tapi kami tidak menutup kemungkinan bahwa kami menerima laporan mana kala ada konten negatif yang disampaikan melalui sosmed,” imbuh Bambang.

Menurut Bambang, konten media sosial yang dilaporkan tetap akan dinilai dan diverifikasi terlebih dahulu sebelum dieksekusi.

“Tentu kita verifikasi dulu, baru ditindaklanjuti. Tentu saja bersama dengan platform-platform yang tadi hadir dalam deklarasi (antikonten negatif),” terang Bambang.

Baca Juga |  Tercatat, 20 Jamaah Haji Indonesia Meninggal Dunia

Untuk diketahui, webinar ini diselenggarakan oleh DJKIP Kemkominfo bekerjasama dengan Dewan Pers via aplikasi Zoom. Peserta pada webinar ini adalah perwakilan organisasi  konstituen Dewan Pers di Provinsi Bengkulu, perwakilan media massa Provinsi Bengkulu dan lainnya.

Selain Bambang dari DJKIP, webinar ini menghadirkan Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun, Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra dan Ketua PWI Provinsi Bengkulu Zacky Antony sebabagai pembicara.(pid)

Share :

Baca Juga

Agusrin Imron Rosyadi

Berita Utama

Gugatannya Dikabulkan Bawaslu, Segini Kekayaan Agusrin-Imron
Satgas KPK keluar gedung PN Kepahiang

Berita Utama

KPK OTT Lagi di Bengkulu, Kabarnya yang Ditangkap Hakim & Panitera

Berita Utama

Meninggalnya 2 Peserta Diksar Mapala UII, Antara Hipotermia Atau Tindak Kekerasan ?
Kawasan hunian jutawan AS

Berita Utama

Inilah Kawasan di AS yang Banyak Dihuni Jutawan
Jokowi

Nasional

Siapkan 9 Juta Ha Lahan, Jokowi Stop Impor Bahan Pangan
Kebakaran Israel

Berita Utama

Kisah Kebakaran Hebat di Israel
Konferensi pers gugus tugas

Berita Utama

Bengkulu Sudah Punya RT-PCR dan Tenaga Ahlinya, Sampel Swab Bisa Diuji Sendiri
jurnalis peduli dampak covid

Berita Utama

Jurnalis Bengkulu Peduli Covid-19 Buka Posko Pengaduan Dampak
error: Konten ini dirpoteksi !!