Home / Berita Utama / Nasional

Jumat, 18 September 2020 - 20:44 WIB

Jelang Pilkada 2020, Cyber Patrol Kemkominfo Pantau Konten Negatif di Medsos

Direktur Komunikasi dan Informasi Politik, Hukum dan Keamanan Dirjen Informasi Komunikasi Publik (DJIKP) Kemkominfo, Prof. Bambang Gunawan berbicara pada acara webinar dengan tema

Direktur Komunikasi dan Informasi Politik, Hukum dan Keamanan Dirjen Informasi Komunikasi Publik (DJIKP) Kemkominfo, Prof. Bambang Gunawan berbicara pada acara webinar dengan tema "Pencegahan Penyebaran Berita Hoax Menjelang Pilkada 2020," Jumat siang (18/09/2020). (Tangkapan Layar Zoom)

JAKARTA, PROGRES.ID – Kementerian Kominfo mengaku telah menyiagakan patroli siber (cyber patrol) untuk memantau media sosial dan website yang menyebarkan negatif, mengandung hoaks (berita palsu) dan ujaran kebencian menjelang Pemilihan Serentak 2020. Ini diungkapkan Direktur Komunikasi dan Informasi Politik, Hukum dan Keamanan Dirjen Informasi Komunikasi Publik (DJIKP) Kemkominfo, Bambang Gunawan di acara webinar dengan tema “Pencegahan Penyebaran Berita Hoax Menjelang Pilkada 2020,” pada Jumat siang (18/09/2020).

“Di Kemkominfo itu ada cyber patrol atau patroli siber. Kominfo tidak pasif menunggu ada pengaduan, menunggu ada laporan. Cyber patrol ini kerjanya 7 hari seminggu, 24 jam sehari,” ujar Bambang.

Baca Juga |  Ini Daftar Kekayaan Ketua DPRD Se-Provinsi Bengkulu, Ada yang Minus & Belum Pernah Lapor LHKPN

Meski demikian, laporan masyarakat terkait konten negatif di media sosial tetap akan ditindaklanjuti oleh Kemkominfo.

“Tapi kami tidak menutup kemungkinan bahwa kami menerima laporan mana kala ada konten negatif yang disampaikan melalui sosmed,” imbuh Bambang.

Menurut Bambang, konten media sosial yang dilaporkan tetap akan dinilai dan diverifikasi terlebih dahulu sebelum dieksekusi.

“Tentu kita verifikasi dulu, baru ditindaklanjuti. Tentu saja bersama dengan platform-platform yang tadi hadir dalam deklarasi (antikonten negatif),” terang Bambang.

Baca Juga |  PROGRES.ID Resmi Terverifikasi Administratif dan Faktual

Untuk diketahui, webinar ini diselenggarakan oleh DJKIP Kemkominfo bekerjasama dengan Dewan Pers via aplikasi Zoom. Peserta pada webinar ini adalah perwakilan organisasi  konstituen Dewan Pers di Provinsi Bengkulu, perwakilan media massa Provinsi Bengkulu dan lainnya.

Selain Bambang dari DJKIP, webinar ini menghadirkan Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun, Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra dan Ketua PWI Provinsi Bengkulu Zacky Antony sebabagai pembicara.(pid)

Share :

Baca Juga

Berita Utama

Lepas Rekan Pindah ke Bengkulu, Para Hakim Ini Foto Pose 2 Jari
Logo baru bawaslu

Berita Utama

Seleksi Penambahan Anggota Bawaslu Provinsi, Ini Timsel di Bengkulu
Gubernur pantau

Berita Utama

Pantau 3 TPS Pilwakot Bengkulu, Plt Gubernur: Kunci Sukses Pilkada, Penyelenggara yang Berintegritas
Logo baru bawaslu

Berita Utama

Seleksi Bawaslu Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu, Ini 5 Anggota Timselnya

Berita Utama

Kemenlu Terus Lakukan Penyelidikan Terkait TKI yang Disandera di Riyadh
Rachmawati Soekarnoputri

Berita Utama

Rachmawati Soekarno Putri Diamankan Terkait Dugaan Makar
Vaksinasi

Berita Utama

Vaksinasi Covid-19 di Provinsi Bengkulu Tembus 59,59%
Konferensi pers Gugus Tugas

Berita Utama

Selasa 19 Mei, Laboratorium RSMY Bengkulu Sudah Mulai Uji Sampel Swab
error: Konten ini dirpoteksi !!