Darman
Darmansyah | Foto: Hasan Basri/PROGRES.ID

PROGRES.ID, REJANG LEBONG – Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu akan meyalurkan beras bersubsidi atau yang disebut Beras Untuk Masyarakat Sejahtera (Rastra).

Rencananya penyaluran Rastra ini akan dilaksanakan pada bulan Januari dan Februari 2018 secara gratis.

“Rastra akan kita bagikan kepada penerima manfaat mulai Tanggal 24 sampai 26 Januari 2018. Jika selama ini penerima rastra mendapatkan beras sebayak 15 kg dengan harga tebus Rp 1.600 per kilo, maka mulai Januari 2018 tidak ada kewajiban membayar karena sudah jadi Bansos (Bantuan Sosial). Namun penerima hanya mendapatkan beras sebanyak 10 kg saja,” kata Kepala Dinas Sosial PMD Rejang Lebong, Darmansyah usai melaksanakan rapat koordinasi dengan seluruh camat yang juga dihadiri kepala Bappeda, Asisten II dan Bulog Sub Divre Rejang Lebong, Senin (22/1/2018).

Selanjutnya, terang Darman, Rastra akan berubah menjadi program yang lebih baik lagi yakni Bansos Rastra dan Batuan Pangan Non Tunai (BPNT). Dijelaskannya, BNPT adalah batuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Setiap bulan melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warong KUBE PKH, Rumah Pangan Kita (RPK) atau pedagang bahan pangan yang bekerja sama dengan Bulog dan Bank Himbara.

“Penyaluran BPNT ini menggunakan sistem Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). BPNT akan langsung disalurkan ke rekening penerima manfaat dan hanya digunakan untuk membeli bahan pangan berupa beras dan telur sesuai item yang ditetapkan pemerintah,” sampainya.

Untuk diketahui, RTS penerima Rastra di Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 19.805. Sedangkan keberadaan e-Warong ada 10 titik di Rejang Lebong. Rinciannya 9 berada di sekitar Kota Curup dan satu lagi di wilayah Lembak yakni di Kecamatan Binduriang.(asb)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.