Home / Berita Utama / Pemerintahan

Kamis, 25 Februari 2021 - 12:15 WIB

Dilantik Presiden Jokowi, Rohidin-Rosjon Resmi Jadi Gubernur dan Wagub Bengkulu 2021-2024

Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin berfoto bersama Gubernur Rohidin Mersyah serta istri dan Rosjonsyah beserta pendampingnya (Foto: Tangkapan Layar/PROGRES.ID)

Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin berfoto bersama Gubernur Rohidin Mersyah serta istri dan Rosjonsyah beserta pendampingnya (Foto: Tangkapan Layar/PROGRES.ID)

JAKARTA, PROGRES.ID – Pasangan Rohidin Mersyah- Rosjonsyah resmi menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu periode 2021-2024. Ini setelah Rohidin-Rosjon bersama Mahyeldi-Audy Joinaldy sebagai Gubernur dan Wagub Sumbar, serta Ansar Ahmad dan Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wagub Kepulauan Riau (Kepri) dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Kamis (25/02/2021) pagi.

Menukil situs Sekretariat Kabinet (Setkab.go.id), acara pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Surat Keputusan Presiden (Keppres) oleh Presiden kepada masing-masing Calon Gubernur dan Calon Wagub di Istana Merdeka dengan penyesuaian terhadap protokol kesehatan.

Usai penyerahan petikan SK, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bersama ketiga pasangan Calon Gubernur dan Calon Wagub melakukan prosesi kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara untuk selanjutnya dilakukan Upacara Pelantikan.

Berbeda dengan sebelumnya, di masa pandemi ini Kirab dilakukan dengan jumlah barisan pasukan yang lebih sedikit, yaitu hanya dengan empat orang personil.

Baca Juga |  Jaksa Haiti Minta Hakim Selidiki PM atas Pembunuhan Presiden

Upacara pelantikan diawali dengan kumandang lagu kebangsaan Indonesia Raya diikuti dengan pembacaan Keppres Nomor 40P Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat, Kepulauan Riau, dan Bengkulu Masa Jabatan Tahun 2021-2024 yang berlaku sejak saat pelantikan.

Usai pembacaan Keppres, kemudian dilakukan pengambilan sumpah jabatan ketiga pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai gubernur/sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ucap Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Baca Juga |  Ini Profil Aisyah Rahmawati, Paskibraka Nasional dari Bengkulu Pembawa Baki Bendera Merah Putih

Upacara pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada kedua pasangan kepala daerah yang telah dilantik oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin diikuti foto bersama dengan masing-masing pasangan Gubernur dan Wagub.

Hadir dalam kesempatan ini antara lain Menteri Koordinator Bidang Polhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. 

Sumber: Setkab.go.id

Share :

Baca Juga

Pencak silat Indonesia

Berita Utama

Lagi, Pencak Silat Indonesia Raih Medali Emas Asian Games

Berita Utama

63 Ekor Penguin Mati Diserang Lebah di Afrika Selatan

Berita Utama

Kurang dari 200 Warga AS Masih di Afghanistan

Berita Utama

Lepas Rekan Pindah ke Bengkulu, Para Hakim Ini Foto Pose 2 Jari

Berita Utama

Menteri Inggris Peringatkan Kemungkinan Segera Terjadinya Serangan di Bandara Kabul

Berita Utama

Dua Orang Tua Dinyatakan Bersalah dalam Kasus Suap Perekrutan Mahasiswa ‘Varsity Blues’

Berita Utama

Sedang Panen Sawit, Warga Mamuju Tewas Ditelan Ular Piton

Berita Utama

Evakuasi di Afghanistan Berlanjut di Tengah Kekacauan di Bandara