Home / Berita Utama / Internasional

Selasa, 12 Oktober 2021 - 07:26 WIB

Disebut “Boneka Pemerintah,” Pemimpin Baru Austria Bela Kurz

PROGRES.ID –

Kanselir baru Austria Alexander Schallenberg, Senin (11/10), berjanji akan bekerja sama dengan pendahulunya, Sebastian Kurz, yang mengundurkan diri karena menghadapi tuduhan korupsi. Hal ini memicu kecaman kelompok oposisi yang mengatakan pemimpin baru itu hanya akan menjadi kaki tangan Kurz.

Partai Hijau, mitra junior kelompok konservatif pimpinan Kurz, telah menuntut Kurz setelah ia dan sembilan orang lainnya – termasuk sebagian pembantu seniornya – minggu lalu diselidiki pihak berwenang. Penyelidikan dilakukan karena adanya kecurigaan telah terjadinya berbagai pelanggaran kepercayaan, korupsi dan penyuapan.

Kurz, yang menyangkal melakukan kesalahan, telah menjadi pemimpin partai yang sangat kuat dan sekaligus sebagai anggota parlemen utama partainya di parlemen. Lawannya mengatakan posisinya itu membuatnya masih akan terus mengontrol kebijakan pemerintah dan bertindak sebagai “kanselir bayangan.”

“Saya percaya tuduhan-tuduhan terhadap Kurz itu tidak berdasar dan saya yakin pada akhirnya hal itu akan terbukti,” ujar Schallenberg, seorang diplomat karir yang menjadi sekutu dekat Kurz.

Dalam pernyataan pertama setelah menjadi kanselir, Schallenberg mengatakan “tentu saja saya akan bekerja sama erat dengan Sebastian Kurz.”

Schallenberg menegaskan ia ingin menciptakan “rasa tanggungjawab dan stabilitas.”

Namun pernyataan-pernyataan itu tidak memuaskan kelompok oposisi. “Kesan saya adalah ia berniat melakukan hal-hal seperti yang dilakukan sebelumnya dan bertindak seakan-akan tidak ada yang terjadi,” ujar Beate Meinl-Reisinger, pemimpin Partai Neos yang beraliran liberal. Ia kerap menyerukan Schallenberg untuk melawan korupsi. [em/jm]

logo voa indonesia

Share :

Baca Juga

Berita Utama

Biden Akan Beri Penghormatan pada 13 Tentara AS yang Tewas di Kabul

Berita Utama

Kamboja Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Sebelum Buka Lagi Sekolah
Jonatan Christie

Berita Utama

Jojo Rebut Emas Pertama Badminton Asian Games
Linda Mirza

Berita Utama

DPP Belum Terbitkan SK, Kader Demokrat Bengkulu Arahkan Dukungan ke Linda-Mirza

Berita Utama

Don Everly dari Everly Brothers Meninggal dunia
presiden joko widodo

Berita Utama

Akhirnya Indonesia Evaluasi 75 Keanggotaan Organisasi Internasional

Berita Utama

AS Bisa Atasi COVID-19 Awal Tahun 2022 

Berita Utama

Pesawat Qatar Bawa Warga AS dari Afghanistan