Bola Salju \foto: kompas

PROGRES.ID-Sepanjang 18 kilometer garis pantai teluk Ob Siberia dipenuhi bola salju raksasa. Fenomena ini telah membuat masyarakat Siberia terkesima karena di beberapa daerah bola salju tersebut telah membentuk dinding es.

Bola salju yang diperkirakan berukuran satu meter tersebut diduga terbentuk karena sebuah proses kombinasi yang tidak biasa dari suhu es dan arus laut. Seperti yang disampaikan oleh Sergei Lisenkov Sekretaris Institut Riset Arktik dan Antartika bahwa bola-bola es tersebut terbentuk dari fragmen es yang secara terus menerus tergulung oleh angin dan arus air hingga akhirnya membentuk bola.

“Pertama-tama, ada fenomena alam yang utama, es padat dan potongan-potongan es yang terbentuk di permukaan air,” ungkapnya seperti dikutip dari¬†Science Alert¬†melalui Kompas Selasa (8/11/2016).
“Ditambah dengan angin, letak garis pantai, dan suhu, ini menjadi sebuah kombinasi yang akan membentuk bola tersebut,” tambah Sergei.
Sebelumnya, fenomena langka ini pernah terjadi juga di sekitar Danau Michigan Amerika Serikat dan teluk Finlandia di Eropa. (Dsy)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.