Terlihat anak-anak sedang menunggu setiap bus yang lewat dan bersorak meminta dibunyikan klakson "om telolet om"/ foto: CNN

PROGRES.ID, JAKARTA- Fenomena “Om Telolet Om” yang dilontarkan oleh anak-anak meminta sopir bus membunyikan klakson hingga saat ini menjadi perbincangan di dunia maya. Hal tersebut menjadi sebuah bukti bahwa media sosial memiliki kekuatan yang mampu membuat sesuatu bergerak dengan cepat. Tidak berselang lama, “Om Telolet Om” sudah mendunia.

Menariknya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun juga ikut menanggapi fenomena tersebut sebagai bagian dari cara unik warga untuk bersenang-senang atau mendapat hiburan.

“Ya ini kekuatan dan potensi media sosial yang kita lihat dan yaitu sebuah kesederhanaan, sebuah kesenangan, sebuah kebahagiaan dari rakyat untuk memperoleh sebuah hiburan atau sebuah hobi, saya kira sangat bagus sekali,” katanya usai menghadiri deklarasi pemagangan nasional di KIIC, Karawang, Jawa Barat, dikutip dari Antara Jumat, (23/12/16).

Meski demikian, Jokowi menegaskan bahwa harus ada batas-batas yang tidak boleh dilanggar dalam mencari hiburan semacam itu supaya tidak sampai membahayakan keselamatan warga.

“Ya pasti ada batas-batasnya, masa bus baru berjalan dicegat di tengah jalan gini, ya kan hal-hal seperti itu yang dilarang yang seperti itu,” katannya.

Sementara itu, banyak netizen yang iseng melakukan “om telolet om” juga dengan cara berbeda, seperti berdiri di samping rel kereta api untuk meminta klakson dari masinis, hingga berdiri di lapangan menunggu helikopter atau pesawat terbang lewat.

Kebanyakan tentu saja memanfaatkan platform internet untuk memamerkannya, sehingga tak bisa dielakkan lagi “om telolet om” bisa tenar keluar Indonesia.

‘Wabah’ om telolet om ini juga telah menjangkit para musisi internasional seperti Zedd, Martin Garrix, DJ Snake, Alesso, dan The Chainsmokers. Bahkan membuat mereka terobsesi menciptakan sebuah instrument musik yang diilhami oleh suara klakson tersebut. (dsy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.