Home / Berita Utama / Ekonomi

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 20:33 WIB

Gugatannya Dikabulkan Bawaslu, Segini Kekayaan Agusrin-Imron

Agusrin Maryono Najamudin dan Imron Rosyadi (Foto: Dok. Tim AIR/PROGRES.ID)

Agusrin Maryono Najamudin dan Imron Rosyadi (Foto: Dok. Tim AIR/PROGRES.ID)

BENGKULU, PROGRES.ID – Agusrin Maryono Najamudin-Imron Rosyadi berpeluang menjadi peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu 2020 setelah gugatannya atas putusan KPU Provinsi Bengkulu dikabulkan Bawaslu.

Agusrin-Imron diusung oleh Partai Gerindra (6 kursi), PKB (4 kursi) dan Perindo (2 kursi) dengan total dukungan 12 kursi di parlemen Provinsi Bengkulu.

Sejarah mencatat, Agusrin belum pernah kalah dalam ajang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu. Ia pernah menjabat Gubernur Bengkulu periode 2005-2010. Saat itu ia berpasangan dengan Syamlan. Pada periode kedua ia berpasangan dengan Junaidi Hamsyah. Namun, ia tak lama berduet dengan Junaidi Hamsyah memimpin Bengkulu, karena Agusrin tersandung kasus korupsi. Periode keduanya tak tuntas dan ia harus merelakan Provinsi Bengkulu dipimpin Junaidi Hamsyah.

Sebelum Agusrin menjabat Gubernur Bengkulu pada 2005, ia lebih dikenal sebagai pengusaha muda. Bahkan, hingga saat ini pun kekayaannya cukup banyak dan jika ia ditetapkan sebagai calon oleh KPU Provinsi Bengkulu, maka Agusrin adalah peserta Pilkada Bengkulu 2020 terkaya.

Baca Juga |  Pandemi Covid-19, IDC 2020 Digelar Virtual, Menperin Resmi Buka Acaranya

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang dilaporkan Agusrin ke KPK sebagai salah satu syarat pencalonan, diketahui kekayaannya mencapai Rp 33.796.636.000.

Total kekayaan Agusrin dari tanah dan bangunan mencapai Rp 27.091.636.000. Rinciannya, ada empat bidang tanah dan bangunan dengan ukuran beragam di Kota Jakarta Selatan dan enam bidang tanah dan bangunan di Kota Bengkulu.

Kekayaannya berupa alat transportasi senilai Rp 1.680.000.000. Ia tercatat masih memiliki sedan Volvo tahun 1995, Toyota Kijang Minibus tahun 2004, Toyota Alphard tahun 2018, Toyota Land Cruiser, Honda Elysion dan Volvo Jeep. Selain itu, Agusrin memiliki surat berharga senilai Rp 3.100.0000 ditambah harta berupa kas (tabungan) senilai Rp 1.725.000.000. LHKPN Agusrin telah diverifikasi KPK pada 24 September 2020.

Baca Juga |  Bukan Hoax, BMKG Pastikan Tsunami 1,5 Hingga 2 Meter di Palu, Donggala & Mamuju

Sementara itu, calon wakilnya Imron Rosyadi tidak sekaya itu. Kekayaan Bupati Bengkulu Utara dua periode ini senilai Rp 2.029.777.500. Dalam LHKPN yang telah diverifikasi KPK pada 2 September 2020, Imron melaporkan memiliki 6 bidang tanah dengan berbagai luas ukuran. Semua tanah dan bangunan itu, lokasinya di Bengkulu Utara. Total nilai tanah dan bangunan itu Rp 1.843.500.000.

Imron bahkan hanya memiliki satu unit mobil kalau berdasarkan LHKPN tersebut. Mobil itu adalah Toyota Jeep tahun 1981 yang harganya ditaksir senilai Rp 78 Juta. Kekayaannya yang lain berupa tabungan atau kas senilai Rp 108 Juta.(pid)

Share :

Baca Juga

banjir

Berita Utama

Penanganan Darurat Banjir dan Longsor Bengkulu, BNPB Beri Bantuan Dana Siap Pakai Rp 2,25 Miliar

Berita Utama

Diduga Terdapat Alat Bukti, KPK Segel Dua Ruangan di Kejati Bengkulu
Gubernur Rohidin mersyah

Berita Utama

Masuki Tahap Appraisal, Gubernur Rohidin Ke PT HK Bicarakan Progres Jalan Tol
Kabid kebudayaan Dinas Pendidikan RL

Berita Utama

Tuan Rumah Sambung Rasa Nasional Adat Nusantara, RL Jadi Tempat Kumpul Para Raja
ilustrasi gempa

Berita Utama

Gempa Magnitudo 6,9 Disusul 6,8 Guncang Provinsi Bengkulu, Tak Berpotensi Tsunami
Kawasan Teluk Sepang

Berita Utama

Soal Matinya Ikan dan Penyu, Warga Teluk Sepang Sebut Ada Fitnah Sudutkan PLTU
Cap Kaki Tiga dan Isle of Man

Berita Utama

Mirip Lambang Negara Isle of Man, Merek Cap Kaki Tiga Resmi Dicoret
Heri Budianto

Berita Utama

Heri Budianto: Waspadai “Politisi Instan”
error: Konten ini dirpoteksi !!