Home / Berita Utama / Edukasi

Jumat, 9 Februari 2018 - 18:16 WIB

Ini Dia Peringkat 12 Perguruan Tinggi Terbaik di Provinsi Bengkulu Versi Webometrics

Gedung Universitas / Perguruan Tinggi  di Bengkulu (Sumber: Istimewa/PROGRES.ID)

Gedung Universitas / Perguruan Tinggi di Bengkulu (Sumber: Istimewa/PROGRES.ID)

PROGRES.ID, BENGKULU – Situs pemeringkat Perguruan Tinggi (PT) dunia, Webometrics telah merilis daftar peringkat PT terbaik di dunia tahun 2018 ini. Khusus di Indonesia, Webometrics menempatkan Universitas Indonesia (UI) sebagai universitas terbaik mengungguli Universitas Gadja Mada.

Progres.id menyaring peringkat universitas yang berada di Provinsi Bengkulu. Dari laman Webometrics, Progres.id menemukan 12 PT terbaik di Provinsi Bengkulu yang masuk dalam daftar situs pemeringkat ini.

Universitas Bengkulu (Unib) masih menempati urutan pertama sebagai PT terbaik versi Webometrics. Data Webometrics, Unib menempati peringkat 103 secara nasional dan ranking 7.382 di dunia. Peringkat kedua, Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH (Unihaz) Bengkulu. Universitas swasta tertua di Provinsi Bengkulu ini berada pada ranking 258 di Indonesia dan 12.747 di dunia.

Baca Juga |  Bentuk Komunitas Peduli Untuk Selamatkan DAS Air Bengkulu

Universitas Dehasen (Unived) menempati posisi ke-3 di Provinsi Bengkulu dan berada pada ranking 297 di Indonesia. Unived menempati posisi ke-13.825 PT terbaik di dunia. Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) menjadi universitas pada posisi berikutnya. Universitas ini berada pada ranking 341 nasional dan ke 14.794 dunia.

Posisi berikutnya, ada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup, Kabupaten Rejang Lebong yang mengungguli Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. STAIN Curup berada pada peringkat 447 sementara IAIN Bengkulu pada ranking 558 di Indonesia.

(Daftar peringkat selengkapnya dapat dilihat pada grafis di bawah berita ini)

Baca Juga |  Ini 13 Menteri Baru Reshuffle Jilid II yang Dilantik Presiden Jokowi

Menurut Wikipedia, Webometrics adalah sistem pemeringkat Perguruan Tinggi untuk mengukur atau memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh uPT terbaik di dunia melalui laman daring (website) setiap universitas.

Cara perhitungannya adalah berdasarkan gabungan indikator yang memperhitungkan volume maupun isi website, visibilitas dan dampak dari publikasi ilmiah pada web dan jumlah pranala luar yang diterima. Webometrics juga mempertimbangkan berbagai kegiatan ilmiah di situs akademik yang sering diwakilkan dengan penggunaan indikator bibliometrik.

Webometrics memperbaharui (update) peringkat PT setiap bulan Januari dan Juli, penyedia Web indikator universitas dan pusat penelitian di seluruh dunia. (pid)

Webometrics rank

Share :

Baca Juga

Berita Utama

Lebaran Hari Kedua, Puluhan Rumah Terendam Banjir
Gordon Ramsay

Berita Utama

Gordon Ramsay di Sumbar: Blusukan, Kena Kotoran Kerbau, hingga ‘Tersiksa’ Makan Durian

Berita Utama

Semifinal Piala Presiden 2017 : Persib Akan Ladeni Borneo FC, Arema Tantang Semen Padang

Berita Utama

Cerita Musala di Kampus Universitas George Washington
Rekomendasi PDI perjuangan

Berita Utama

PDI Perjuangan Resmi Usung Rohidin-Rosjonsyah di Pilgub Bengkulu 2020
Dol Arastra Bengkulu

Berita Utama

Wakili Indonesia, Dol Arastra Bengkulu Pukau Ribuan Penonton di RWMF Malaysia
Pengunjung Los Angeles

Berita Utama

Siap Nonton Oscars di Hollywood, Wisatawan Tak Khawatir Virus Corona
Jokowi nyetir golf car

Berita Utama

Jokowi Jadi Sopir JK, M Saleh dan Zulkifli di Istana
error: Konten ini dirpoteksi !!