Home / Berita Utama / Edukasi

Jumat, 9 Februari 2018 - 18:16 WIB

Ini Dia Peringkat 12 Perguruan Tinggi Terbaik di Provinsi Bengkulu Versi Webometrics

Gedung Universitas / Perguruan Tinggi  di Bengkulu (Sumber: Istimewa/PROGRES.ID)

Gedung Universitas / Perguruan Tinggi di Bengkulu (Sumber: Istimewa/PROGRES.ID)

PROGRES.ID, BENGKULU – Situs pemeringkat Perguruan Tinggi (PT) dunia, Webometrics telah merilis daftar peringkat PT terbaik di dunia tahun 2018 ini. Khusus di Indonesia, Webometrics menempatkan Universitas Indonesia (UI) sebagai universitas terbaik mengungguli Universitas Gadja Mada.

Progres.id menyaring peringkat universitas yang berada di Provinsi Bengkulu. Dari laman Webometrics, Progres.id menemukan 12 PT terbaik di Provinsi Bengkulu yang masuk dalam daftar situs pemeringkat ini.

Universitas Bengkulu (Unib) masih menempati urutan pertama sebagai PT terbaik versi Webometrics. Data Webometrics, Unib menempati peringkat 103 secara nasional dan ranking 7.382 di dunia. Peringkat kedua, Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH (Unihaz) Bengkulu. Universitas swasta tertua di Provinsi Bengkulu ini berada pada ranking 258 di Indonesia dan 12.747 di dunia.

Baca Juga |  Ini Daftar Perguruan Tinggi Terbaik di Provinsi Bengkulu 2021 Versi Webometrics

Universitas Dehasen (Unived) menempati posisi ke-3 di Provinsi Bengkulu dan berada pada ranking 297 di Indonesia. Unived menempati posisi ke-13.825 PT terbaik di dunia. Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) menjadi universitas pada posisi berikutnya. Universitas ini berada pada ranking 341 nasional dan ke 14.794 dunia.

Posisi berikutnya, ada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup, Kabupaten Rejang Lebong yang mengungguli Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. STAIN Curup berada pada peringkat 447 sementara IAIN Bengkulu pada ranking 558 di Indonesia.

(Daftar peringkat selengkapnya dapat dilihat pada grafis di bawah berita ini)

Baca Juga |  Di AS, Mahasiswa Asing Kesulitan Dapat Vaksinasi

Menurut Wikipedia, Webometrics adalah sistem pemeringkat Perguruan Tinggi untuk mengukur atau memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh uPT terbaik di dunia melalui laman daring (website) setiap universitas.

Cara perhitungannya adalah berdasarkan gabungan indikator yang memperhitungkan volume maupun isi website, visibilitas dan dampak dari publikasi ilmiah pada web dan jumlah pranala luar yang diterima. Webometrics juga mempertimbangkan berbagai kegiatan ilmiah di situs akademik yang sering diwakilkan dengan penggunaan indikator bibliometrik.

Webometrics memperbaharui (update) peringkat PT setiap bulan Januari dan Juli, penyedia Web indikator universitas dan pusat penelitian di seluruh dunia. (pid)

Webometrics rank

Share :

Baca Juga

Berita Utama

Selamatkan Lingkungan dengan Bijak Konsumsi dan Kelola Sampah
kpu

Berita Utama

KPU RI Resmi Tetapkan 5 Anggota KPU Provinsi Bengkulu, Wajah Lama Masih Mendominasi

Berita Utama

Keren, Presiden Jokowi Nge-Vlog Dengan Raja Salman
Rapid Test DPRD Provinsi

Berita Utama

Rapid Test di DPRD Provinsi Bengkulu, Hasilnya 2 Staf Setwan Reaktif
OTT KPK

Berita Utama

Ini Pasal yang Disangkakan Kepada Janner Purba CS

Berita Utama

Tokoh Perlawanan Kashmir Syed Ali Geelani Meninggal Dunia

Berita Utama

Greta Thunberg Sebut Inggris Salah Satu ‘Penjahat Terbesar’ Perubahan Iklim

Berita Utama

DPR AS Setujui $1 Miliar untuk Iron Dome Israel